Kotak Suara Kardus Dikuatirkan Rusak

 222 total views,  2 views today

kotak suara yang dikirimkan oleh KPU RI untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 mendatang.

kotak suara yang dikirimkan oleh KPU RI untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 mendatang.

*KPU Ragu Gunakan untuk Pileg

PALEMBANG, KS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, ragu-ragu untuk menggunakan kotak suara yang dikirimkan oleh KPU RI untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 mendatang.

Pasalnya menurut Ketua KPU Kota Palembang, Eftiyani, kotak suara dan bilik suara tersebut terbuat dari bahan kardus, sehingga dikuatirkan akan cepat rusak terutama saat terkena air. Karenanya KPU Kota Palembang, tetap memprioritaskan penggunaan kotak suara dari plat almunium.

“Logistik untuk Pileg 2014, baik kotak suara sudah kita terima dari KPU RI. Namun kita kuatir, untuk mendistribusikannya ke sejumlah kecamatan di Palembang. Sebab kotak suara itu, terbuat dari kardus,” kata Eftiyani saat pelepasan komisioner KPU Kota Palembang periode 2009-2014 di KPU Kota Palembang, kemarin malam (31/12).

Ia menyebut, untuk daerah-daerah perairan seperti kawasan Gandus, KPU tidak akan menggunakan kotak suara yang terbuat dari bahan kardus tersebut. KPU mengkuatirkan kotak suara itu, rusak terutama saat pergeseran kotak suara dari kelurahan ke kecamatan, usai pemungutan suara.

Ia menerangkan, saat Pileg nanti di kelurahan tidak ada gudang penyimpanan. Sehingga kuatir, ada kerusakan pada kotak suara hingga bisa menyebabkan persoalan yang tidak diinginkan.

Apalagi ucap Eftiyani, kotak suara tersebut juga bakal digunakan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres).  “Karenanya kita memprioritaskan penggunaan kotak suara, yang terbuat dari almunium. Kita masih memiliki kotak suara dari plat almunium sisa Pileg 2009 lalu,” tegasnya.

Sebelumnya seperti diberitakan Kabar Sumatera,  KPU Kota Palembang telah menerima logistik untuk Pileg 2014 berupa kotak suara yang terbuat dari dari bahan kardus kedap air. Ada sekitar 5000 kotak suara, yang diterima KPU Palembang.

“Sebenarnya, kita tidak membutuhkannya. Kami juga, tidak mengajukan permintaan ke KPU RI tetapi tiba-tiba dikirim oleh KPU RI. Apalagi kita memiliki 18.129 kotak suara, yang masih layak digunakan. Sementara untuk kebutuhan saat Pileg mendatang, kita butuh 13.576 kotak suara,” tukasnya.

 

TEKS              : DICKY WAHYUDI

EDITOR         : IMRON SUPRIYADI        





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster