DKK Dibebankan Sumbang Rp 4 M

 248 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG, KS-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi sampah untuk 2014 naik. Kepala Dinas Kebersihan Kota (DKK) Palembang, Agoeng Noegroho menyebut, tahun ini DKK ditargetkan menyumbang PAD Rp 4 miliar, sementara 2013 hanya Rp 3 miliar atau naik Rp 1 miliar.

Walau pun begitu, Agoeng yakin target tersebut bisa direalisasikan. Alasannya, saat ini perekonomian Palembang terus berkembang. Perkembangan itu, ditandai dengan semakin banyaknya pembangunan di metropolis. Dengan begitu jelas Agoeng, otomatis pertumbuhan usaha pun semakin maju pesat.

“Saat ini, banyak rumah makan maupun restoran, yang berdiri. Dari data kita, selama ini penyumbang terbesar retribusi sampah dari rumah makanan dan restoran, karenanya kita optimis target tersebut bisa tercapai,” kata Agoeng dibincangi, kemarin.

Agoeng menyebut, di 2013 DKK di targetkan menyumbang Rp 3 miliar dari retribusi sampah. Dari target tersebut, terealisasi 96 persen.   “Dari pencapaian 96 persen tersebut, 45 persennya berasal dari retribusi sampah bagi rumah makan dan restroan, sementara sisanya, dari hotel, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Menurut Agoeng, tingginya pertumbuhan restoran dan rumah makan di metropolis, berperan dalam peningkatan berbagai sektor perekonomian termasuk juga pendapatan retribusi. Apalagi sambung Agoeng, saat ini rumah makan dan restoran di Palembang beroperasi hingga pukul 23.00 WIB bahkan ada yang 24 jam.  “Restoran dan rumah makan merupakan salah satu usaha yang memproduksi sampah besar, sampahnya diproduksi secara terus menerus,”ujarnya.

Agoeng menambahkan, untuk terus mengoptimalkan pendapatan retribusi sampah, pihaknya secara intensif mensosialisasikan kepada pemilik restoran dan rumah makan untuk membayarkan kewajiban mereka.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster