9 Pejabat Struktural Dilantik ‘Dini Hari’

 172 total views,  2 views today

PAGARALAM KS-Serupa tapi tak sama, pelantikan pejabat Struktural Eslon II, III dan IV di lingkungan Pemerintah Kota Pagaralam, berlangsung di Ruang Rapat Besemah I Sekretariat Daerah, Rabu (1/1) sekitar pukul 01.30 WIB atau di luar jam kerja dengan penutupan Bandara Bajawa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur  oleh Bupati.

Dua-duanya dinilai penuh makna sensasional. Akan tetapi, bila dilirik dari teori kepemimpinan, dua kejadian tersebut mencerminkan supermasi Pemerintah Daerah yang sangat besar. Namun keberanian yang diambil kedua Pemda ini, akankah menuai hasil yang sama seperti halnya dijadikan tersangka Bupati Bajawa, karena telah bertindak diluar prosedur.

Terkecuali, apabila pelantikan itu dengan memilih waktu diluar jam kerja telah memenuhi pertimbangan akal sehat, seperti efektivitas dan efesiensi dalam penyelenggaraan roda pemerintahan. Efektif yaitu dalam hal kecepatan pengambilan keputusan dan efesien dalam tanda kutif menempel pada perayaan tahun baru. Mungkin pula pelantikan diluar kelaziman ini adalah sinyalemen yang diberikan pemimpinan pemerintah daerah (Wali Kota-red) akan menjamin meningkatnya kinerja birokrasi pemerintah daerah.

Adapun pejabat Struktural Eslon II, III dan IV yang dilantik Wali Kota Pagaralam, Hj Ida Fitriati Basjuni, diantaranya H Yapani Rahim SIP MM menjabat  Asisten III Bidang Kepegawaian, sebelumnya Kepala BKD, Drs H Kusaimi Yatip MM menjabat Asisten II Bidang Pembangunan, sebelumnya Staf Ahli Setdako, Ir Hj Zaitun MSi menjabat Kepala Bappeda, sebelumnya Staf Ahli Setdako, Rahmat Madroh SSos menjabat Kepala Dinas Perindagkop UKM PP, sebelumnya Asisten I Bidang Pemerintahan.

Kemudian Rahmat Hidayat SE MM menjabat  Asisten 1, sebelumnya Staf Ahli Setdako,  Imam Pasli SSTP MSi menjabat Kepala BKD, sebelumnya Kepala Dishutbun, Lili Ernani SE MKes menjabat Direktur RSD Besemah, sebelumnya Sekretaris Dinkes, Dra Minarni MKM menjabat Sekretaris Kesehatan dan Masagus Taswin ST menjabat sebagai Kasubag Tata Usaha Program Anggaran Kantor Pengelolaan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa.

Wali Kota Pagaralam, Hj Ida Fitriati Basjuni mengatakan, acara pelantikan ini merupakan suatu hal yang biasa bukan hal yang luar biasa. Selain itu, setiap PNS mesti siap dilantik ataupun diberhentikan dari jabatannya, mengingat jabatan tersebut merupakan amanah.

“Kami begitu percaya kepada bapak dan Ibu yang baru dilantik ini mampu melaksanakan tugasnya dengan baik,” kata Ida.

Ujarnya, secara objektif hal itu perlu dituntut disiplin kerja yang baik, kesetiaan serta dapat diandalkan melalui berbagai pengalaman yang dapat dipercaya. Termasuk kemampuan dalam berkomunikasi yang baik dengan atasan maupun bawahan dipandang perlu dijalin dengan baik.

“Pastinya, jabatan ini bukan dipintah, tapi merupakan suatu amanah,” tegasnya seraya berujar dalam waktu dekat pihaknya tengah mengevaluasi beberapa jabatan Eslon II yang mengalami kekosongan maupun akan mengevaluasi sejumlah pejabat yang patut dipertahankan ataupun di non job kan.

Ida menambahkan, proses pergantian atau alih jabatan sudah merupukan hal yang biasa dalam rangka mendukung kinerja seluruh pegawai di lingkungan pemerintah kota. Namun yang terpenting, kinerja dan kerja untuk mendukung program walikota dalam memajukan Kota Pagaralam dalam berbagai bidang dapat terwujud.

TEKS :ANTONI STEFEN

EDITOR :RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster