Waspada, Banjir Mengintai

 242 total views,  2 views today

Banjir | Bagus Park

Banjir | Bagus Park

*Curah Hujan Melampaui Batas Normal

PALEMBANG, KS-Hampir setiap musim penghujan, sejumlah kawasan di Kota Palembang dipastikan bakal “tenggelam”. Saat ini, masyarakat di metropolis pun nampaknya harus mulai bersiap-siap menghadapi bencana tahunan tersebut.

Pasalanya menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kenten, Palembang, intensitas hujan di kota empek-empek saat ini mulai memasuki puncaknya. Bahkan curah hujan yang mengguyur Palembang, dalam beberapa hari terakhir melampaui batas normal.

Kepala BMKG Kenten, Irdham menyebut, saat ini curah hujan di Kota Palembang mencapai 500 mm per bulan. Sementara untuk normalnya 300-400 mm perbulan. “Intensitas curah hujan pada Desember 2013 ini, cukup tinggi dibandingkan dengan Oktober dan November. Bahkan pernah intensitas hujan mencapai 100 mm yang menyebabkan pohon tumbang, seperti terjadi di kawasan Perumnas Talang Kelapa,” kata Irham, kemarin.

Curah hujan tinggi tersebut jelasnya, bisa menyebabkan banjir. Sejumlah kawasan menurutnya menjadi daerah rawan banjir, kawasan tersebut yakni Ilir Barat (IB) I, IB II, Ilir Timur (IT) I, IT II, Seberang Ulu (SU) I, SU II dan Kertapati. “Daerah tersebut sangat berpotensi banjir, oleh sebab itu kami himbau untuk berhati-hati dan waspada,”imbuhnya.

Intensitas hujan, biasanya akan berlangsung hingga Mei 2014 mendatang. Namun untuk curah hujan yang paling tinggi, terjadi pada Desember-Maret. “Kami terus melakukan pemantauan terhadap kondisi cuaca saat ini,”akunya.

Sebelumnya Wali Kota Palembang, Romi Herton mengatakan, salah satu untuk mengatasi banjir dibeberapa titik di Palembang, adalah dengan cara membangun kolam retensi. “Bila perlu kita bangun setiap kecamatan kolam retensi, sehingga Palembang akan bebas banjir,” ujarnya.

Sambung Romi, mudah-mudahan di 2014 mendatang pembangunan kolam retensi di 16 kecamatan di Palembang segera terselesaikan. Mengingat kolam retensi ini, sudah sangat mendesak. “Sekarang kita baru ada sekitar 20 kolam retensi, sementara target kami adalah sekitar 48 kolam, tapi untuk mewujudkan hal tersebut, akan kami lakukan secara bertahap,” tukasnya.

 

TEKS : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster