Warga dan Koramil Perbaiki Jalan

 349 total views,  2 views today

Nampak terlihat warga yang dimotori tokoh masyarakat PALI, Iskandar Anwar bersama TNI bahu membahu memperbaiki jalan di Talang Ubi, Minggu (29/12),

Nampak terlihat warga yang dimotori tokoh masyarakat PALI, Iskandar Anwar bersama TNI bahu membahu memperbaiki jalan di Talang Ubi, Minggu (29/12),

PALI | KS-Tingginya itensitas hujan yang turun dalam beberapa bulan terakhir di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), membuat jalan baru Telkom dari Simpang Lima menuju Bukit Tudung berlumpur.

Alhasil, kondisi tersebut membuat aktivitas dan perekonomian warga terganggu lantaran rusaknya jalan tersebut.

Demi memperlancar moda transportasi dan perekonomian, sejumlah warga yang dimotori tokoh masyarakat PALI yang juga mantan Ketua Harian Dewan Presidium PALI, Iskandar Anwar dibantu anggota TNI dari Koramil 0404-03 Talang Ubi bahu membahu memperbaiki jalan tersebut. Semua dikerjakannya secara sukarela

“Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan peduli dengan lingkungan kita. Semoga saja bisa menggugah warga lainnya untuk melakukan hal serupa,” kata Iskandar, Senin (30/12), kemarin.

Agar jalan tersebut tidak cepat rusak, sambung Iskandar, pihaknya bukan hanya memoles jalan berlumpur, tetapi juga akan menggunakan karpet (geotech) untuk melapisinya.

“Nanti kita keruk dulu tanahnya. Setelah itu kita pasang karpet dan jaring. Baru kita hampar batu koral. Jadi airnya tidak lagi menggenang. Bisa diserap dan dialirkan ke parit,” jelas Iskandar.

Ia menambahkan, tanah hasil kerukan akan dipindahkan ke jembatan yang ada diujung jalan. Jembatan yang baru beberapa bulan diperbaiki itu, terancam ambruk, karena tanahnya longsor. Hasil urugan itulah yang digunakan untuk memperbaiki jembatan itu.

Namun, lanjut Iskandar,  untuk memastikan tidak ada lagi genangan air di badan jalan baru, para pekerja yang diawasi langsung beberapa anggota koramil itu membuat parit dan membersihkan goorng-gorongnya.

“Kalau karpetnya sudah dipasang, nanti baru kita hampar koral,” tambah Iskandar.

Sementara itu, Komandan Roramil (Danramil), 0404-03, Talang Ubi, Kapten Broto S melalui Koordinator lapangan Serka Karyanto mengatakan perbaikan jalan baru ini merupakan bakti sosial TNI bersama warga.

“Ini bakti sosial kita kepada masyarakat. Kita sangat mengapresiasi niat baik Iskandar Anwar yang sudah berkenan membantu alat berat beserta operator dan BBMnya,” singkat Karyanto.

 

Teks/foto : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster