Jagung Ramaikan Pesta Tahun Baru

 393 total views,  2 views today

Jagung Ramaikan Pesta Tahun Baru.. Iwan Cheristian

Jagung Ramaikan Pesta Tahun Baru.. Iwan Cheristian

PALEMBANG | KS-Berbagai macam kegiatan untuk menyambut datangnya tahun baru 2014 sudah dipersiapkan. Baik kegiatan yang dilakukan secara organisasi, kelompok maupun keluarga. Tidak kalah penting seperti tahun-tahun sebelumnya untuk menyambut tahun baru ini sebagian masyarakat merayakannya dengan pesta kembang api sekaligus bakar jagung bersama.

Keadaan ini pun dimanfaatkan oleh sebagian pedagang untuk meraup untung sebesar-besarnya dengan menjajahkan jagung seperti halnya dipasar 26 Ilir, hampir setiap pedagang menjual jagung disamping dagangan yang biasa meraka jual sehari-hari.

Harga jagung pun beraneka ragam mulai dari  Rp 4.500 hingga Rp 9.000. Kebanyakan Pedagang mendapatkan jagung dari kawasan Inderalaya dan Banyuasin. Hal yang sama juga nampak di pasar-pasar lainnya seperti pasar Km 5, pasar Kuto, pasar lemabang dan 16 ilir.

Koim salah satu penjual jagung di pasar 26 ilir mengaku, memasuki pergantian tahun baru kebanyakan masyarakat menuggu detik-detik pergantian tahun dengan membakar jagung, hal ini la yang membuat dirinya berdagang jagung bakar. “Pada hari ini jumlah pembeli jagung cukup tinggi, terlihat sudah dua karung jagung saya habis terjual.  Dirinya mematok harga Rp 4500 satu bijinya,” katanya.

Sementara itu, Dedi seorang pedagang jagung di Pasar 16 ilir, mengatakan, sudah dua hari ia menjual jagung untuk kebutuhan masyarakat dalam merayakan penutupan tahun. Ia mengaku mendapatkan jagung di Jalur kabupaten Banyuasin, dan ia menyetok 50 kg jagung. Harga yang ia jual pun tergolong murah Rp 4500 per kilo untuk ukuran sedang dan Rp 6000 perkilo untuk ukuran besar.

” Biasa sehari habis 20kg dek, ya banyak masyarakat yang mencari untuk kumpul penutupan tahun, ” katanya.

Sementara itu Yosi salah satu pembeli jagung saat diwawancarai mengatakan, membeli jagung untuk keperluan pada tahun baru, karena pada malam tahun baru tanpa ada jagung terasa tidak afdol.

“Untuk malam tahun baru rencananya kita akan mengadakan acara, namun mengenai harga jagung menurutnya, terlalu mahal,” ungkapnya.

 

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster