Tahun Depan Pulau Kemaro Ditata

 325 total views,  2 views today

Pulau Kemaro Palembang | Dok KS

Pulau Kemaro Palembang | Dok KS

PALEMBANG, KS-Pemerintah Kota Palembang tahun depan mulai mengembangkan kawasan Pulau Kemaro untuk kunjungan wisata. “DED-nya sudah hampir rampung. Sebelum 31 Desember harus rampung. Kalau DED sudah selesai secepatnya proyek bisa dikerjakan tahun depan,” kata Wali Kota Palembang Romi Herton, belum lama ini.

Romi meyakini pembangunan resort di tengah Sungai Musi ini akan mampu menarik minat wistawan lokal maupun mancanegara. “Sekarang Pulau Kemaro memang sudah bagus dan dikenal tapi fasilitas wisata di sana belum siap. Kita harap pembangunannya bisa dalam 7-8 bulan di tahun depan,” ujar Romi seperti dilansir buletinmetropolis.com.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Palembang, Sapri Nungcik, menambahkan, pembangunan resort di Pulau Kemaro termasuk dalam upaya peningkatan jumlah kunjungan wisata Palembang. Karena itu, untuk pembangunannya tentu akan melibatkan SKPD teknis terkait.

“FS dan DED dipersiapkan tahun ini. Pembangunannya melibatkan enam dinas terkait dengan dana yang diserap dari APBD 2014. Kita harapkan dapat menjadi potensi pendapatan daerah Kota Palembang ke depan,” ujarnya.

Dia merinci, untuk pengerjaan fisik berupa infrastruktur dan penataan tepian Sungai Musi di pulau tersebut akan melibatkan Dinas PU Bina Marga dan PSDA, dengan estimasi biaya sebesar Rp 8-10 miliar.

Sementara pembangunan gedung resort dan jalan lingkungan oleh Dinas PU Cipta Karya dengan pengajuan dana Rp 15 miliar. Pengukuran dan pemasangan patok lahannya oleh Bagian Agraria Setda Kota Palembang. Adapun untuk fasilitas umum, Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan dan Pemakaman akan menyiapkan lampu taman dan lampu jalan di kawasan itu dengan dana Rp 3,6 –Rp 4 miliar.

Selanjutnya, Dinas Perhubungan mengupayakan pengadaan fasilitas transportasi pendukung. Antara lain lima unit jet ski, tiga unit kapal kayu, dan sebuah dermaga. Menurut Sapri, Palembang sebenarnya sudah punya tiga unit jet ski, jika ada penambahan berarti akan ada delapan unit yang bisa digunakan di kawasan resort tersebut.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dengan dana Rp 2 miliar akan mempersiapkan gedung teater untuk memutar film sejarah Sriwijaya dan Kesultanan Palembang. Dia memastikan, urusan pembuatan Amdal melalui BLH juga sudah dilakukan dengan dana sekitar Rp 500 juta.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster