Kapolda Evaluasi Kasatres se-Sumsel

 286 total views,  2 views today

Kapolda Sumsel, Inspektur Jenderal Polisi,  Saud Usman Nasution

Kapolda Sumsel, Inspektur Jenderal Polisi, Saud Usman Nasution

-Terkait Pengungkapan Kasus Korupsi-

PALEMBANG|KS-Kepolisian Daerah (Kapolda), Sumatera Selatan (Sumsel), dalam waktu dekat akan melakukan evaluasi atas kinerja Kasat Reskrim se-Sumsel terkait pengungkapan kasus korupsi di Sumsel. Hal itu ditegaskannya Kapolda Sumsel, Irjend Pol, Saud Usman Nasutuion.

“Kita akan melihat apakah Kasat Reserse itu mampu atau tidak dalam menangani kasus korupsi. Evaluasi dilakukan dengan melihat dari tingkat kesulitan kasus yang akan diungkap. Sebab pengungkapan kasus ini menggunakan biaya yang besar yakni Rp208 juta per kasus, itu harus di pertanggungjawabkan setiap Polres. Jika anggaran ini tidak terpakai, harus dikembalikan ke Negara,” tegasnya.

Saud menambahkan,  dalam sebuah proses pihaknya akan melihat perkembangan penanganan kasus. Karena menurutnya, dalam penanganan kasus korupsi, tidak sama dengan penanganan kasus pidana umum (pidum) dan kasus-kasus kriminal yang lainya.

“Kasus korupsi itu perlu benar-benar jeli serta menggunakan keahlian yang lebih dari setiap petugas. Bahkan dalam melakukan penahan kita juga harus perhatikan bukti dan kelengkapan berkas perkara (P21). Jangan sampai main tangkap lepas begitu saja, makanya kita lihat perkembangan kasusnya, karena masa penahanan ada masa waktunya,” jelas Saud.

Disingung kasus bansos y di Kabupaten OKU tahun 2008 lalu yang melibatkan mantan Wagub Sumsel periode 2008-2013,  Eddy Yusuf  dan Bupati OKU Yulius Nawawi, Kapolda menjelaskan, saat ini kedua tersangka masih dalam proses perlengkapan berkas oleh pihak penyidik.

“Pihak Kejati dalam kasus ini meminta beberapa hal agar kita melengkapi berkas perkara dan audit. Kita juga melengkapi saksi-saksi tambahan, setelah lengkap berkas perkara akan kembali kita kririmkan ke Kejaksaan. Kita upayakan secepat mungkin dalam waktu dekat ini juga,” tandas Saud.

 

Teks : Oscar Ryzal

Editor : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster