Didesak, Tiga Perusahaan Turun Tangan

 284 total views,  2 views today

Salah satu titik jalan Sungai Baung yang rusak parah

Salah satu titik jalan Sungai Baung yang rusak parah

-Terkait Jalan Rusak-

-Setelah Diblokir Warga-

PALI | KS-Aksi pemblokiran akses jalan Desa Sungai Baung menuju beberapa desa termasuk perusahaan untuk menuntut perbaikan jalan, Kamis (26/12) lalu, berbuah manis.

Tiga perusahaan besar yang menggunakan jalan Sungai Baung-Talang Ubi akhirnya turun tangan. Ketiga perusahaan itu, PT Benakat Barat Petroleum (PT BBP), PT Musi Hutan Persada (MHP) dan PT Pertamina EP, masing-masing memberikan bantuan baik material maupun alat berat

“Perusahaan itu sudah menyanggupi memperbaikinya. Bahkan sudah mulai bekerja,” kata Hasan Anwar, kepala Dusun V, Desa Sungai Baung, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI.

Ia menambahkan, meski tiga perusahaan besar sudah menyanggupi untuk memperbaiki jalan itu, bukan berarti jalannya sudah bisa dilalui dengan baik. Hal itu lantaran cuaca yang tidak mendukung.

Menurutnya, hujan yang turun setiap harinya membuat jalan  sepanjang 15 km tetap saja rusak parah. Sehingga perbaikan menjadi tidak maksimal. Truk pengangkut kesulitan untuk masuk membawa material batu koral.

“Hujan kan turun tiap hari, jadi biarpun alat beratnya sudah bekerja jalannya tetap susah dilewati,” sambung Hasan.

Terpisah, Humas PT Pertamina EP,  Field Pendopo Turja Sari, mengatakan, pihaknya bukan tidak peduli untuk memperbaiki jalan tersebut. Buktinya,  mulai November lalu, PT Pertamina EP sudah melakukan penimbunan batu koral sebanyak 14 dumptruk.

“Kita tidak peduli dengan jalan tersebut (rusak -red). Sejak November lalu sudah kita lakukan (penimbunan batu -red). Karena faktor cuaca dan jarak angkut yang jauh, kita mengalami kesulitan dan sedikit terhambat,” kata Turjasari kepada Kabar Sumatera, Minggu (29/12).

Karena kebutuhan warga yang mendesak, sambung Turja, saat ini pihaknya tetap melakukan pengiriman namun dengan jumlah yang terbatas.

Langkah perbaikan ini, menurut Turja bukan cuma dilakukan Pertamina saja. PT BBP dan PT MHP ikut membantu mengirimkan alat berat. “Kita do’akan saja beberapa hari kedepan intensitas hujan berkurang sehingga perbaikan bisa lebih maksimal,” tutur Turja.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kamis (26/12), puluhan warga melakukan pemblokiran jalan di Simpang Pintu Desa Sungai Baung. Warga menahan belasan kendaraan milik perusahaan yang beroperasi di sekitar wilayah tersebut. Warga menuntut perusahaan untuk memperbaiki jalan menuju desa mereka.
 

Teks/Foto : Indra Setia Haris





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster