31 Kades Dilantik, Asrohi Pun Lega

 218 total views,  2 views today

Asrohi S.Sos MH bersama istri usai dilantik menjadi Camat Talang Ubi

Asrohi S.Sos MH bersama istri usai dilantik menjadi Camat Talang Ubi

PALI | KS-Usai dilantik menduduki jabatan baru, tidak lantas membuat Asrohi S.Sos MH menjadi jumawa dan berbangga hati. Figur sederhana ini justru mensyukuri atas pengabdiannya di jabatan sebelumnya.

“Saya bersyukur, tugas dijabatan lama sudah selesai,” kata Asrohi, Camat Talang Ubi kepada KabarSumatera seusai dilantik di Gedung Pesos, Talang Ubi, Jumat (27/12), lalu.

Menurutnya, rasa syukur itu diungkapkan bukan karena mendapat jabatan baru. Tapi bersyukur harus dipanjatkan karena tugas lama sudah ditunaikan. “Untuk jabatan baru, bersyukurnya kalau sudah selesai nanti. Sekarang kan belum dilaksanakan. Nanti kalau pimpinan menilai kita berhasil baru kita bersyukur,” jelas ayah lima anak ini.

Posisi camat bagi dosen STIH Serasan ini sudah tidak asing lagi. Betapa tidak, sejak menyelesaikan studi APDN, Asrohi langsung dipercaya sebagai Sekretaris Camat (Sekcam) Penukal. Posisi itu diembannya sampai 1997. Posisi sekcam itupun kembali diembannya pada 2004.

Sejak tiga bulan lalu, ia dipercaya Penjabat Bupati PALI sebagai Kepala Bagian Tata Pemerintahan. Dengan jabatan ini, ia harus bertanggungjawab menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), di seluruh Kabupaten PALI.

Sedikitnya, 31 desa dari 72 desa di Kabupaten PALI sudah selesai mengadakan pilkades. Bahkan kepala desa terpilihnya pun sudah dilantik. Tak jarang, sebagai Kabag Tapem Asrohi harus menghadapi massa yang berdemo karena tidak puas dengan hasil pilkades.

“Puas sudah setelah 31 kades sudah dilantik. Beban beratnya sudah berkurang,” ujar pria kelahiran 1964 ini.

Bukan itu saja, sambung Asrohi, Januari nanti dana ADD bagi desa sudah siap disalurkan. “Inilah yang patut disyukuri. Tugas yang diberikan pimpinan sudah kita laksanakan,” ujar Asrohi yang dikenal dekat dengan wartawan itu.

Dalam periode awal pemerintahan Kabupaten PALI, tugas yang diemban Asrohi tidaklah ringan. Ia yang saat itu duduk sebagai Sekcam Talang Ubi harus pontang-panting menyiapkan perkantoran, rumah dinas dan sebagainya. Asrohi juga dipercaya sebagai Kepala Urusan Humas dan protokol.

Meskipun kondisi fisiknya belum sepenuhnya pulih tidak mengurangi kegesitannya dalam melaksanakan tugas. Kekurangan itu justru di jawab dengan menyelesaikan tugas dengan baik. Tidak kurang tiga jabatan  sekaligus dipercayakan padanya. Sebagai Kabag Tapem, Kepala Urusan Humas dan Protokol juga sebagai Pelaksana Tugas Camat Penukal.

Jabatan terakhir membuatnya harus bolak-balik Babat (Penukal)-Talang Ubi setiap hari. Hasilnya tiga desa sudah menyelesaikan pergantian perangkat desa dan enam desa sudah melakukan pergantian BPD.

Kini, dengan jabatan baru sebagai Camat Talang Ubi tentunya bukan tugas ringan baginya. Meskipun sudah bertahun-tahun menjabat sekcam disini, sebagai camat ibukota kabupaten PALI akan menjadi tantangan tersendiri baginya. Berbagai pekerjaan berat sudah menunggu.

 

Teks/Foto : Indra Setia Haris





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster