SMS Bakal Tergusur

 142 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

Layanan Short Massage Servis (SMS) kini mulai ditinggalkan karena munculnya berbagai teknologi  yang membuat orang lebih nyaman berkomunikasi.

Berkembangnya  teknologi informasi dan komunikasi akan membuat penggunaan pesan pendek  atau SMS akan tergeser dan digantikan oleh aplikasi  teknologi lain.

“SMS  tidak akan menghilang sepenuhnya, namun penggunaannya hanya akan tinggal  30-40 persen saja, sisanya digantikan aplikasi lain,” ujar Jayesh Easwaramony, Wakil President, ICT Practice, Frost & Sullivan Asia Pacific, firma konsultasi dan riset bisnis seperti dikutip dari beritasatu.com Jumat (27/12).

Menurut  Jayesh, penggunaan SMS perlahan akan digantikan teknologi lain seperti  Skype, surat elektronik, atau media sosial seperti Twitter,BBM,Kakau Talk dan lain-lain.

“Kalau  anda mau mengucapkan selamat Natal mana yang anda pilih? Mengirim SMS  ke 100 orang atau menuliskannya di Twitter atau Facebook?” ujarnya.

Indonesia sendiri memiliki lebih dari 50 juta pengguna media sosial seperti Twitter dan Facebook.

Jayesh  mengatakan SMS mulai ditinggalkan karena munculnya berbagai teknologi  yang membuat orang lebih nyaman berkomunikasi. Menurutnya orang yang mau  mendiskusikan masalah dengan lebih mendalam bisa memilih video chat  atau Skype dan teknologi lain yang biayanya lebih murah daripada SMS.

Hal  ini dikarenakan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang  menggunakan telepon selular yang terkoneksi dengan sambungan internet  yang memungkinkan mereka untuk memanfaatkan banyaknya aplikasi yang  tersedia.

Namun,  Jayesh mengatakan, penggunaan SMS tidak akan menghilang sepenuhnya  karena masih akan ada orang yang membutuhkan fungsi SMS disaat darurat,  misalnya ketika berada di daerah yang tidak memiliki sambungan internet  sama sekali.

Hadi (21), pengguna smartphone, ketika dibincangi kabar sumatera belum lama ini mengatakan, kalau dirinya masih sering menggunakan layanan SMS, akan tetapi dirinya tidak menampik kalau sering juga menggunakan media sosial untuk berkomunikasi. “Meskipun lebih nyaman pakai SMS, Tapi masih sering juga menggunakan sosial media karena ada beberapa kawan yang tidak tersimpan namor HP-nya, jadi ketemunya hanya di social media,”katanya.

Berlian (24) salah seorang pengguna smart phone menyatakan, kalau akhir-akhir ini dirinya sangat jarang menggunakan SMS karena kebanyakan kawan terdekat dihubungi lewat social media. Dan kebanyakan sudah memakai jaringan internet walaupun kadang-kadang lelet,”ungkapnya.

 

TEKS : Dita Rubian Sugiharti

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster