Petugas Kesulitan untuk Membuang Sampah

 240 total views,  2 views today

Aktivitas Pengolahan Sampah di TPA

Aktivitas Pengolahan Sampah di TPA

MUARAENIM I KS-Sampah di Kota Tanjungenim, Kabupaten Muaraenim terus meningkat. Petugas yang mengangkut sampah-sampah tersebut, mengaku kesulitan mencari tempat pembuangan sampah, karena Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bangko Barat, sudah penuh hingga memakan badan jalan.

“Sekarang kita kebingungan mencari lahan, untuk membuang sampah. Kita akui volume sampah di Kota Tanjungenim cukup tinggi, sehingga kita sedikit kesulitan dalam mencari tempat mengumpulkan sampah sebelum diangkut ke TPA,” kata Kepala UPTD Kebersihan dan Pertamanan, Kecamatan Lawang Kidul, Umar Toyib, kepada Kabar Sumatera,  Jumat (27/12).

Untuk sementara jelasnya, sampah dari pelanggan ditampung di belakang kantor UPTD Kebersihan, sebelum diangkut lagi menuju TPA Bangko Barat. Karena saat TPA yang berlokasi di Bangko Barat sudah penuh, dan sedang dilakukan pembenahan oleh PT Bukit Asam (BA).

Untuk mengatasi persoalan itu, pihaknya kini tengah berupaya untuk memiliki TPA yang permanen bekerja sama dengan PT BA. Kedepan, PT BA berencana menerima pembuangan sampah di bekas tambang Bangko Barat. Sampah-sampah tersebut sekaligus mendukung upaya perusahaan, untuk meghijaukan lokasi bekas tambang.

Untuk TPA Simpang Karso, Kecamatan Lawang Kidulyang selama ini menjadi tempat pembuangan sampah kata dia, sudah tidak bisa digunakan lagi. Karena petugas mengaku kesulitan untuk menuju lokasi tersebut.

Jalan menuju TPA tersebut,  rusak berat.  Akibatnya kendaraan yang mengangkut sampah kesulitan, melintasi jalan tersebut. Keluhan ini bebernya, sudah disampaikan ke PT BA. Perusahaan itu, diharapkan bisa memperbaiki jalan akses menuju TPA Simpang Karso itu. “Namun PT BA enggan memperbaikinya, karena lokasi tersebut dianggap sebagai lokasi tambang liar,” tukasnya.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster