Penyimpanan Arsip Akan Gunakan CD

73 total views, 3 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG, KS-Pemerintah kota (Pemkot) Palembang melalui, Badan Arsip, Dokumentasi dan Perpustakaan Kota Palembang akan menyeragamkan cara penyimpanan arsip dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Palembang.

Kepala Badan Arsip, Dokumentasi dan Perpustakaan kota Palembang, Asmawati mengatakan, cara penyimpanan arsip selama ini belum efektif, oleh karena itu akan diseragamkan dengan cara mengubah polanya. Berdasarkan Undang-Undang (UU) tentang penyimpanan arsip, semua SKPD harus menyimpan arsipnya dalam disimpan dalam bentuk compact disk (CD).

“Selama ini, penyimpanan dokume masih manual semua, hal tersebut berdampak kurang baik, seperti berkas yang dikirim dari SKPD dalam bentuk karungan atau tumpukan dokumen, dan ketika diperlukan dokumen harus dibuka satu-persatu,” ungkap Asmawati.

Biasanya, sambung Asmawati, berkas yang masuk, diurutkan berdasarkan SKPD masing-masing, serta diurutkan berdasarkan tahun pengarsipan, kemudian baru ditempatkan didalam boks anti bakar, agar arsip aman.

Asmawati mengatakan, jika arsip-arsip disimpan didalam karung atau bentuk dokumen seperti kertas maka, akan terlalu repot, selain itu dikhawatirkan tidak cukup jika disimpan dalam ruangan penyimpanan untuk beberapa tahun kedepannya. “Karena dokumen yang simpan akan semakin banyak setiap tahunnya, repot kalau data-data tersebut diperlukan dan harus membuka karungan seperti sekarang,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com