Berteman Dengan Reptil, Siapa Takut !

 498 total views,  2 views today

PERBAK Pencinta hewan peliharaan yang eksotik,

PERBAK Pencinta hewan peliharaan yang eksotik,

Bagi sebagian orang, binatang berdarah dingin atau reptil kerap dianggap menakutkan. Tapi, ditangan sekelompok anak muda yang tergabung dalam Pecinta reptil Bangka PERBAK reptil menjadi binatang kesayangan , bahkan kepuasan.

PERBAK adalah komunitas pencinta hewan peliharaan yang eksotik, seperti ular, kadal, amfibi, iguana, biawak, kura-kura bahkan tarantula. Komunitas ini berdiri pada 10 Oktober 2010, saat ini anggotanya mencapai 30 orang dari semua kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat pecinta reptil.

“Kami menyukai reptil ini karena mereka memiliki anatomi tubuh paling unik dibanding dengan hewan lainnya. Contohnya saja ular, hewan ini memiliki keunikan dari anatomi, cara makan, hingga cara bertahan hidupnya,” ungkap Tito ketua PERBAK belum lama ini di Palembang.

Menurutnya, kedatangan mereka ke Kota empek-empek ini guna bersilaturahmi dengan komunitas pecinta reptil di Palembang seperti South Sumatera Animal Comunity (SSAC), dan Klub Reptil Sriwijaya (KRS). Dengan menampilkan ular cobra, sanca, dan iguana di lokasi kambang iwak. “Berkumpul dengan beberapa komunitas di sini. Sekalian sharing, dan berbagi tips perawatan reptil,” ujarnya.

Selama ini banyak masyarakat yang beranggapan bahwa reptil adalah hewan yang berbahaya  tapi menurutnya hanya karena dalam keadaan terdesak reptil akan memberikan perlawanan untuk mempertahankan diri. “Ular akan melawan untuk bertahan hidup,” terangnya.

Mengenai perawatan Tito menjelaskan, bahwa reptil tergolong hewan yang mudah dipelihara. Tinggal bagaimana cara merawatnya. Untuk pemberian makan, itu tergantung dari ukuran tubuhnya, semakin besar reptilnya semakin banyak makanannya. Disamping itu, dimandikan dan dibersihkan kandangnya. “Terutama dengan ular, harus sering melakukan kontak. Jika tidak, ular akan kembali liar,” ungkapnya.

Tito mengungkapkan, untuk menjadi anggota PERBAK sendiri cukup mudah. Tetapi, persyaratan ini tidaklah mudah dilakukan untuk ukuran yang baru akan mengenal reptil. Bagi calon anggota baru cowok harus mendapatkan digigit reptil yang dia cintai sebanyak 5 kali, lain halnya dengan cewek mendapatkan 3 gigitan. “Harus melalui ospek terlebih dahulu, dengan beberapa gigitan reptilnya,” katanya.

 

TEKS : AAN WAHYUDI

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster