Banyak Calon DPD Membandel

 151 total views,  2 views today

Ilustrasi Ruang Sidang Anggota DPD

Ilustrasi Ruang Sidang Anggota DPD

*Belum Serahkan Laporan Dana Kampanye

PALEMBANG, KS-Sampai batas akhir penyerahan Laporan Dana Kampanye (LDK), yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel), baru 12 dari 28 calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), yang sudah menyerahkan LDK tersebut ke KPU Sumsel.

Sedangkan untuk partai politik (parpol), semua parpol peserta pemilu telah menyerahkan LDK ke KPU, meskipun ada beberapa partai yang masih belum lengkap. Demikian dikatakan Kabag Hukum dan Humas KPU Sumsel, Agus Heri, Jumat (27/12).

Menurutnya sampai hari terakhir penyerahan LDK tahap pertama, baru ada 12 calon anggota DPD yang menyerahkan LDK ke KPU Sumsel. Sementara sisanya masih ditunggu sampai dua hari kedepan.

Sebetulnya, kata Agus, kemarin berupakan batas akhir penyerahan LDK calon anggota dewan maupun calon anggota DPD RI ke KPU. Namun karena adanya surat edaran KPU RI No 860/KPU/XI/2003 tanggal 24 Desember, perihal laporan penerimaan sumbangan dana kampanye priode I peserta pemilu 2014 menyebutkan, bahwa batas akhir penyampaian LDK ke KPU adalah tanggal 27 Desember 2013 pukul 17:30 WIB.

Selanjutnya, bagi peserta yang belum melampikan form daftar laporan penerimaan sumbangan, diberi kesempatan untuk menyerahkannya ke KPU, dua hari dari tanggal 27 Desember.

Sementara itu, untuk peserta yang tidak menyampaikan formulir tersebut ke KPU Sumsel, maka pihaknya akan mengumumkan DK1,DK3, dan DK 5 melalui papan pengumuman dan website KPU.  ”Bedasarkan surat edaran tersebut, maka kami masih memberikan kesempatan selama dua hari bagi peserta yang belum menyerahkan LDK ke KPU Sumsel,” jelas Agus.

Disinggung soal calon anggota DPD yang belum serahkan LDK ke KPU, Agus mengaku tidak hafal siapa-siapa yang belum serahkan LDK ke KPU, namun dari jumlah tersebut ada beberapa nama calon incumben yang belum serahkan LDK ke KPU, yakni Hj Asmawati dan Abdul Ajis. Sementara dua calon incumbent lainnya yakni Percha Leanpuri dan H Aidil Fitri, sudah menyerahkan LDK ke KPU.

Berbeda dengan calon DPD yang masih banyak belum serahkan LDK ke KPU, partai politik peserta pemilu semuanya telah serahkan LDK ke KPU. ”Sampai kemarin, semua parpol telah serahkan LDK ke KPU. Hanya saja ada beberapa partai, yang masih belum lengkap dan harus melengkapi lagi berkas-berkas yang dibutuhkan. Untuk melengkapi berkas ini, kita beri waktu lima hari dimulai hari Senin kedepan,” katanya.

Adapun berkas yang harus dilaporkan oleh partai politik hampir sama yakni laporan DK1, DK2,DK3,DK4,DK5,dan DK6. sementara untuk partai politik ada tambahan laporan DK 13 yang memuat tentang pengeluaran caleg.

 

TEKS              : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster