Tunggakan Pelanggan Tinggal Rp 700 Juta

 216 total views,  2 views today

pln

*PLN Berikan Hadiah Kejutan

MUARA ENIM, KS-Jumlah tunggakan pelanggan PT PLN Rayon Muaraenim, mencapai Rp 700 juta. Nilai tunggakan tersebut menurut Kepala Rayon PLN Muaraenim, Kusumayadi, melalui SPV Pelayanan Pelanggan, Sukardin , sudah jauh menurun jika dibandingkan semester sebelumnya.

“Tunggakan pelanggan kita pada Juni lalu, mencapai Rp 1,2 miliar. Namun semester ini berhasil ditekan hingga Rp 700 juta.  Keberhasilan ini, membuat PLN Rayon Muaraenin mendapatkan penghargaan dari PT S2JB dari PLN Cabang Lahat. Kita berada diperingkat empat dari 42 rayon,” jelas Sukardin ketika dibincangi, Kamis (26/12).

Menurut Sukardin, saat ini PLN Rayon Muaraenim terus berupaya untuk menekan tunggakan-tunggakan yang di lakukan para pelanggannya. Salah satu upaya yang dilakukan, dengan memberikan hadiah kejutan kepada pelanggan yang membayar tagihan listrik sebelum tanggal 2 setiap bulannya.

“Salah satu upaya yang kita lakukan dengan cara mengundi pelanggan tersebut. Seperti yang sudah kita lakukan beberapa waktu lalu, ada salah satu pelanggan yang mendapat hadiah sepeda gunung,”ungkapnya.

Kata dia, pelanggan PLN Rayon Muaraenim hingga akhir tahun ini mencapai 54 ribu lebih, baik pelanggan rumah tangga maupun pelanggan industri. Sehingga, pihaknya menghimbau kepada para pelanggan untuk membayar tepat waktu, untuk menghindari pemutusan jaringan listriknya.

“Kepada pelanggan, sebaiknya membayar tagihan rekening listrik di awal bulan. Supaya tidak ada sanksi-sanksi biaya keterlambatan, dan pemutusan sementara. Dan juga yang tak kalah penting gunakan listrik seperlunya saja, hindari penggunaan listrik yang tidak perlu,” himbaunya.

Bagi pelanggan baru, PLN Rayon Muaraenim tidak lagi menyediakan perangkat listrik analog. Semua pelanggan baru dialihkan menggunakan perangkat listrik pra bayar. Menurut dia lagi, dengan perangkat pra bayar memiliki banyak kelebihan.

“Banyak kelebihan jika pelanggan menggunakan listrik pra bayar, misalnya pelanggan tidak dikenakan biaya beban per bulan, menghindari petugas PLN salah baca meteran listrik, dan bagi pemasangan baru pelanggan mendapat deposit Rp 5 ribu rupiah,” imbuhnya.

Selain itu, PLN Rayon Muaraenim kini terus memperbaiki pelayanan kepada para pelanggannya, dengan terus meningkatkan keandalan dalam menyalurkan listrik kepada para pelanggan.

“Kita terus meningkatkan keandalan, guna mengatasi listrik byar pet yang akhir-akhir ini dikeluhkan, seperti yang terjadi di Tanjung Enim dan sekitar beberapa waktu lalu. Byar pet ini disebabkan faktor non teknis misalnya ada ranting pohon  yang menyentuh jaringan kabel, seperti di jalur Semende hingga Tanjung Enim. Namun kini sudah kita atasi,” tukasnya.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster