Perpaduan Pasar Tradisional dan Modern

 1,344 total views,  2 views today

Ilustrasi Pasar 16 Ilir Palembang | Dok KS

Ilustrasi Pasar 16 Ilir Palembang | Dok KS

PALEMBANG, KS-Pemerintah Kota (pemkot) Palembang berencana merevitalisasi tiga pasar tradisional di Palembang, ketiga pasar yakni Pasar 16 Ilir, Pasar Cinde dan Pasar Km 5. Dalam konsepnya, tiga pasar ini akan dibangun menjadi pasar dengan perpaduan antara pasar tradisional dan pasar modern.

Wali Kota Palembang, Romi Herton mengatakan, saat ini feasibility study (FS) untuk tiga pasar itu tengah dilakukan. “Pasar tersebut, akan dilengkapi sejumlah fasilitas. Gedungnya akan modern, sehingga multi fungsi. Nantinya akan terintergrasi dengan monorel, yang akan dibangun Pemprov Sumsel,” kata Romi.

Untuk Pasar 16 Ilir, menurut Kepala Dinas Tata Kota Palembang Isnaini Madani, bangunan yang lama akan di robohkan kemudian akan didirikan bangunan baru 20 lantai. Di lantai 1-4, akan menjadi pasar modern, dilengkapi dengan pendingin ruangan dengan prioritas pedagang lama untuk berdagang disana.

“Di lantai 5 dan 6, akan diperuntukkan bagi pedagang kaki lima (PKL). Sementara di lantai 10 keatas untuk hotel bintang empat. Sedangkan dilantai teratas, untuk restoran. Nantinya untuk restoran dibangun dengan konsep etalase kaca, sehingga pengunjung bisa menikmati Kota Palembang  dan Sungai Musi dari ketinggian,” jelasnya seraya menerangkan di pasar itu akan dilengkapi sejumlah fasilitas mulai dari gedung parkir, taman, dan lainnya.

Sedangkan di Pasar Cinde dan Pasar Km 5, menurut Direktur Utama PD Pasar Palembang Jaya Apriadi S Busri, yang diusung adalah perpaduan pasar tradisional, modern dan perkantoran. Maksudnya di pasar itu, akan dilengkapi fasilitas seperti gedung parkir, perkantoran, hotel, kios dan lapak pedagang yang terbagi dalam setiap lantainya. Selain itu, akan ada kolam renang, dua ballroom, dua ruang penunjang hotel, dua meeting room dan restoran

“Desainnya sudah kita mintakan dengan Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI). Nantinya, ciri khas Pasar Cinde akan dipertahankan. Di lantai 3, akan terintegrasi dengan halte monorel yang dibangun pemprov,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster