Perdagangan Jadi Investasi Favorit

 134 total views,  2 views today

Ilustrasi Investasi

Ilustrasi Investasi

*Investasi yang Masuk Capai Rp 4 T

PALEMBANG, KS-Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Palembang mencatat, sektor perdagangan dan jasa menjadi primadona penanam modal di kota empek-empek ini, sepanjang 2013.

Kepala BKPMD Palembang Ridwan mengatakan, sektor perdagangan dan jasa mendominasi kegiatan usaha di Palembang. Namun, sektor lain, seperti pengolahan produk jadi dan industri kecil, juga tetap tinggi peminatnya.

“Semua investor dari lokal, tidak ada yang dari luar, kecuali baru ada investor dari Amerika Serikat (AS) yang tertarik untuk mengelola pariwisata di Pulau Kemaro. Itu juga, masih menunggu sebab mereka masih mempelajari tawaran investasi dari kita,” kata Ridwan yang dibincangi belum lama ini.

Menurutnya, dari data BKPMD Palembang, investasi yang masuk sampai dengan pertengahan Desember 2013 mencapai sekitar Rp 4 triliun, dengan mayoritas penanam modal dalam negeri.

“Angka tersebut belum cukup tinggi, karena itu hanya berasal dari investor lokal saja. Namun 2014 mendatang pasti akan lebih tinggi, karena sudah ada beberapa investor asing melirik Palembang, untuk menanamkan modalnya di bidang pariwisata,” ujarnya.

Ridwan menyebutkan, jasa telekomunikasi menjadi paling tinggi nilai investasi di metropolis selama 2013. “Sedangkan jenis perdagangan yang paling diminati, adalah jenis makanan atau restoran yang saat ini pertumbuhannya semakin menggeliat,” sebutnya.

Sebelumnya Wali Kota Palembang, Romi Herton mengatakan, pemkot telah menyiapkan berbagai terobosan untuk lebih memudahkan investor, menanamkan modalnya di Palembang. Misalnya sebut Romi, dengan cara memudahkan dalam mengurus administrasi, seperti mengurus izin mendirikan bangunan, izin gangguan dan lain sebagainya. “Kita juga, sudah membuatkan peta investasi melalui media internet. Sehingga nanti investor, bisa mengetahui usaha apa yang menjanjikan di Palembang,” ujarnya.

Menurutnya, kemajuan Palembang akan lebih baik lagi, jika perkembangan pariwisatanya baik. Oleh karena itu, pihaknya akan memfokuskan pengembangan pariwisata kedepannya. “Kita daerah yang mempunyai kekayaan alam, dengan Sungai Musi menjadi kebanggaan, nah sebab itu kita akan kembangkan lagi,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster