Pedagang Petasan Mulai Marak

 334 total views,  2 views today

Petasan

Petasan

PALEMBANG | KS-Sejumlah pedagang kembang api dan petasan di Kota Palembang, beberapa hari memasuki pergantian tahun sudah mulai terlihat marak dibeberapa daerah.

Dari hasil Pantauan dilapangan para pedagang petasan di berbagai tempat terlihat menggelar dagangannya seperti dikawasan Pasar 16 Ilir dan Pasar Kuto.

“Sudah menjadi kebiasaan setiap akan datangnya pergantian tahun banyak yang beli kembang api maupun petasan. Selain anak-anak pembelinya juga banyak dari kalangan remaja dan orang dewasa,” kata Mira (35) salah seorang pedagang kembang api dan petasan di kawasan Pasar 16 Ilir, Kamis (26/12).

Para pedagang kembang api dan petasan di daerah tersebut kata dia, mulai menggelar barang dagangannya di pasar-pasar ini sejak pukul 09.00 hingga pukul 17.00 sore kadang ada juga yang sampai malam hari. Mereka menggelar dagangannya dengan menggunakan lapak dan meja atau pun gerobak.

Pedagang musiman ini tambah dia, biasanya akan menjual kembang api dan petasan hanya setahun sekali seperti menjelang tahun baru ini.

Sementara itu menurut Yanto (30) pedagang petasan lainnya di komplek pertokoan Pasar Kuto menyebutkan untuk saat ini keuntungan yang diperolehnya per hari mencapai Rp 50 ribu. Keuntungan ini di dapat dari penjualan kembang api yang dimulai dari harga termurah Rp 15.000 hingga Rp 70.000, kemudian petasan mulai dari harga Rp 3.000 hingga Rp 10.000.

Berdagang petasan ini tambah dia, mereka lakukan dengan hati-hati karena sering ditangkap petugas ketertiban dan petugas kepolisian dan juga sering menjadi sasaran kemarahan warga karena dinilai dapat mengganggu ketentraman, namun karena tidak pekerjaan lain maka usaha ini tetap mereka lakukan meski tidak secara terang-terangan.

Salah satu pembeli petasan, Andre mengaku membeli kembang api dan petasan karena untuk menyambut pergantian tahun. “Pada tahun baru tampa petasan tidak apdol, karena dengan petasan suasana akan menjadi meriah dan ramai,” katanya.

 

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster