Masyarakat Harus Cerdas Memilih Wakil Rakyat

 364 total views,  2 views today

Ustadz Mgs H Fauzan Yayan SQ, Ketua Rumah Tahfidz Kiai Marogan Palembang.

Ustadz Mgs H Fauzan Yayan SQ, Ketua Rumah Tahfidz Kiai Marogan Palembang.

*Anies Baswedan  Bakal Hadir di Palembang

Sebagian orang banyak menyebut, 2014 sebagai tahun politik. Hal ini muncul karena di tahun depan akan digelar Pemlihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). Terkait dengan hal itu, Yayasan Kiai Marogan, akan menggelar Tabligh Akbar, dengan menghadirkan sosok intelektual muda, Anies Baswedan. Acara ini akan berlangsung di Masjid Ki Marogan Palembang, pukul 19.00 WIB sampai Selesai. “Jemaah akan shalat isyak bersama bari kemudian melakukan tabligh akbar,” ujar  Ustadz Mgs H Fauzan Yayan SQ, Ketua Rumah Tahfidz Kiai Marogan Palembang.

Menurut Ustadz yang akrab dipanggil Yayan ini  mengatakan,  selama ini tabligh akbar selalu identik dengan bahasa agama yang membahas hubungan manusia dengan Allah Swt saja. “Dengan menghadirkan seorang Anies Baswedan, diharapkan jemaah akan mengetahui ada persoalan sosial, politik, ekonomi dan kebudayaan yang sangat erat berhubungan dengan tatanan kebangsaan kita, yang wajb diketahui,” ujar penulis buku “Kun Yusuf Mansur” ini, kepada Kabar Sumatera (KS), saat dijumpai di rumahnya di Jalan Seruni MUSI II Palembang, belum lama ini, Selasa (21/12).

Lebih lanjut, Ustadz  Yayan mengatakan melalui tabligh akbar yang juga menyajikan materi membangun kesadaran politik, diharapkan di tahun politik ini jemaah akan cerdas secara politik ketika nanti memilih calon legislatif dan presiden. “Dalam tabligh akbar ini, dengan hadirnya Mas Anies kita sedang ingin memberikan pendidikan politik melalui mimbar umat, sehingga masyarakat  ketika nanti ikut dalam proses demokrasi terutama Pileg, akan cerdas memilih wakil rakyatnya dan tidak terjebak pada politik uang yang menyesatkan,” tegasnya.

Bagi Ustadz Yayan, sosok Anies Baswedan merupakan tokoh intelektual muda yang selama ini sudah banyak memunculkan gagasan cerdas untuk bangsa. “Diantaranya program Indonesia Mengajar menjadi salah satu ide brilian dari Mas Anies. Menurut saya, sosok seperti Mas Anies bisa menjadi calon pemimpin masa depan bagi bangsa ini,” ujarnya.

Dalam acara yang diperkirakan akan diikuti 1000 jemaah itu, hadir pula sejumlah tokoh agama di Palembang, seperti Ustadz KH Solihin Hasibuan, KH Umar Said, KH Hendra Zainudin, Habib Mahdi Shahab dan lainnya.

Ustadz  Yayan menambahkan, pengajian Bulan Zikir & Tabligh Akbar formatnya akan dikemas formatnya seperti acara Damai Indonesiaku di TV One. “Kemasannya akan ada dialog interaktif seperti acara Damai Indonesiaku,” tegas Ustadz Yayan.

Menanggapi acara ini, Ustadz M Makki Kamil, S.Ag, M.Pd.I, Mantan Ketua Ikatan Da’i Lawang Kdul (IKDL) Muara Enim menyatakan, dirinya akan hadir dalam acara tersebut. Alumnus IAIN Redn Fatah Palembang ini sangat antusias mendengar rencana tersebut. Sama dengan Ustadz Yayan, Ustadz Makki Kamil juga mengharapkan, acara tabligh akbar seharusnya bukan sebatas berbincang tentang fiqhiyah semata, tetapi persoalan sosial dan politik juga sangat penting diusung dalam mimbar tablig akbar. “Kita harapkan bukan hanya ustadz yang cerdas secara politik, tetapi juga jemaah harus cerdas dalam memilih wakil rakyat dan juga presden, jangan asal pilih,” tegasnya.

 

TEKS : AHMAD MAULANA

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster