21 WNA Dideportasi

 256 total views,  2 views today

pasport

pasport

PALEMBANG, KS-Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, Saffar A Godam mengatakan, sepanjang tahun 2013, sebanyak 21 Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal di Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya Palembang, dideportasi atau dikembalikan ke negara asalnya.

“Dari 21 WNA tersebut, yang dideportasi semuanya berjenis kelamin laki-laki dengan rincian 13 warga negara Pakistan, dua warga Malaysia, satu warga negara Republik Rakyat China (RRC), satu warga Myanmar, tiga warga India dan satu warga negara Afganistan,” kata Saffar yang dibincangi, Kamis (26/12).

Ia menyebut,  21 WNA yang dideportasi sepanjang tahun 2013 tersebut,  dikarenakan masalah penyalahgunaan izin yang tidak sesuai dengan surat keterangan yang resmi. “Misalnya masuk Indonesia, tanpa melapor ke pihak Imigrasi, memberikan keterangan yang tidak benar tentang penyalahgunaan izin imigrasi dan tinggal melampaui batas izin yang telah ditentukan,” jelasnya.

“Hampir semuanya, memiliki kasus penyalahgunaan izin keimigrasian. Misalnya seharusnya berwisata tetapi malah bekerja disini, tidak ada yang terlibat kasus pidana. Yang kita deportasi itu semuanya laki-laki,” bebernya.

Saffar juga menerangkan, menjelang akhir tahun ini pembuatan paspor meningkat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.  “Contohnya, permohonan paspor selama Oktober mencapai 4.000 orang lebih, sedangkan beberapa bulan sebelumnya sekitar 3.600 orang saja. Ini mengalami peningkatan, karena banyak masyarakat yang ingin berlibur ke luar negeri seperti Singapura, Malaysia dan negara tetangga lainnya,” bebernya.

Saffar menambahakan, masyarakat yang mengajukan permohonan pembuatan paspor ke kantor Imigrasi Palembang, dari Oktober sampai Desember sebanyak 100-160 orang per hari. “Padahal ketika pertengahan tahun hanya sekitar, 70-100 permohonan saja,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster