Palembang “Banjir” Duku

 1,153 total views,  2 views today

Buah Duku | Dok KS

Buah Duku | Dok KS

PALEMBANG KS-Dalam beberapa hari terakhir Buah duku mulai membanjiri palembang, seperti halnya di jalan Jenderal Sudirman hampir disepanjang jalan tersebut terlihat para pedagang duku dadakan harga yang ditawarkan pun berpariasi mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 20ribu per Kg.

Anita (42), salah seorang pedagang duku di kawasan tersebut mengaku, kalau buah duku yang dijualnya tersebut merupakan operan dari pasar buah Jakabaring. Menurutnya, buah duku tersebut dipasok dari daerah Jambi. “Duku Jambi ini kita ambil dari pasar buah jakabaring,”ungkapnya.

Dikatakannya, yang selama ini menguasai pasaran buah duku di Sumsel adalah komering, akan tetapi buah duku asal komering tersebut belum berbuah “Kalau duku komering harganya mahal,”kata Anita.

Menurut Anita, harga duku dipasaran saat ini masih relatif mahal pasalnya baru beberapa daerah saja di Sumsel yang sudah berbuah bahkan duku yang dijual saat ini kebanyakan dipasok dari jambi. “Kalau harga perkilonya kita jual Rp 20.000, harga ini masih mahal kalau duku lokal sudah membanjiri palembang maka harga duku diyakini akan turun drastis”terangnya.

Selain memasok dari jambi katanya, dirinya juga memasok duku dari daerah Sekayu, Komering, SP padang. “Sekarang ini baru duku Jambi yang ada, berdagang buah duku cukup menjanjikan apalagi di awal musim duku,”jelasnya seraya berkata setiap harinya Anita mampu menjual buah duku hingga 25 kg.

 

TEKS : Asrul Hidayat (MG)

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster