KPU Deadline Parpol Sampai Jumat

 253 total views,  2 views today

kpu

PALEMBANG, KS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel), mendesak  partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, untuk segera menyerahkan laporan sumbangan awal dana kampanye ke KPU Sumsel.

KPU mendeadline parpol dan calon anggota DPD RI tersebut, untuk menyerahkan laporan tersebut paling lambat Jumat (27/12) mendatang. “Dari 12 parpol,  baru tujuh parpol yang sudah menyerahkan laporan. Diantaranya PPP, PKS, Golkar dan lainnya. Sedangkan dari 28 calon anggota DPD RI dapil Sumsel, baru dua calon yang sudah menyerahkan laporan tersebut,” kata Komisioner KPU Sumsel Divisi Sosialisasi, Ahmad Naafi, Rabu (25/12).

Parpol dan caleg mana saja yang belum menyerahkan laporan tersebut ? Naafi, mengaku tidak hafal. Namun sebut dia, KPU Sumsel sudah menyurati seluruh  parpol dan calon anggota DPD yang membandel tersebut, agar paling lambat menyerahkan laporan itu ke KPU Sumsel pada 27 Desember mendatang.

Dijelaskan Naafi, berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 17 tahun 2013, laporan awal dana kampanye ini dilakukan sejak tiga hari ditetapkan sebagai peserta pemilu, hingga 2 Maret 2014 mendatang.

“Sementara laporan sumbangan dana kampanye diserahkan peserta pemilu paling lambat tanggal 27 Desember, dan tahap selanjutnya pada tanggal 2 Maret 2014. Semua parpol dan calon anggota DPD, wajib membuka rekening khusus dana kampanye adalah peserta pemilu. Sedangkan caleg,  penerimaan sumbangan dana kampanenya dilaporkan ke parpolnya. Mereka tidak wajib membuka rekening khusus,” jelas Naafi.

Naafi menambahkan, laporan awal dana kampanye menjelaskan sumber-sumber dana kampanye. Laporan awal dana kampanye ini, mencakup informasi daftar penyumbang, jumlah penerimaan dan pengeluaran dana kampanye berupa uang, barang dan / atau jasa.

“KPU akan mengumumkan rekapitulasi laporan sumbangan dana kampanye peserta pemilu, melalui pengumuman atau website nantinya. Konsekuensi apabila peraturan tidak dilaksanakan, peserta pemilu akan dibatalkan,” tukasnya.

 

TEKS              : DICKY WAHYUDI

EDITOR         : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster