Disdukcapil : Pembuatan Akte Cukup ke Talang Ubi

 420 total views,  2 views today

hl-PALI

Drs Husni Thamrin Cik Nung, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten PALI. / Foto : Indra Setia Haris /KS

PALI | KS –  Selama ini masyarakat yang akan mengurus pembuatan akte kelahiran harus datang langsung ke Kabupaten Muaraenim. Namun, dengan berjalannya roda pemerintahan Kabupaten PALI, pembuatan akte kelahiran penduduk sudah bisa dilakukan di Talang Ubi.

“Pembuatan akte kelahiran dan pelayanan administrasi kependudukan lainnya sudah bisa kita layani,” ungkap Husni Thamrin Cuk Nung, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Kabupaten PALI.

Disdukcapil Kabupaten PALI, lanjut Husni, melakukan pelayanan untuk memudahkan masyarakat yang ingin berurusan. “Tujuan pembentukan Kabupaten PALI ini kan untuk memudahkan masyarakat, karena fungsi pemerintah itu sendiri adalah untuk melayani masyarakat. Makanya, mulai sekarang, bagi warga yang ingin membuat akte, surat pindah domisili dan sebagainya sudah kita layani,” terang Husni.

Namun demikian, Husni melanjutkan, surat-suratnya masih dikeluarkan oleh Disdukcapil Muaraenim. Disdukcapil Kabupaten PALI hanya memfasilitasi masyarakat yang ingin berurusan.

“Kita hanya menerima dan memeriksa berkasnya. Setelah berkas kita terima nanti kita antar ke Muara Enim. Jadi fungsinya hanya memudahkan masyarakat,” jelas dia.

Selain itu, masih katanya, peralatan komputer yang dimiliki oleh Disdukcapil PALI belum memadai.  Disdukcapil Kabupaten PALI  belum mempunyai nomor wilayah kependudukan yang dikeluarkan oleh Kementrian Dalam Negeri. Padahal Nomor wilayah kependudukan itulah yang menjadi dasar pembuatan akte kelahiran dan sebagainya.

“Kita sudah upayakan ke Kemendagri untuk mendapatkan nomor itu, tapi kemdagri belum bisa mengeluarkannya sebelum pelaksanaan pemilihan presiden tahun depan,” jelasnya.

Alasan Kemendagri ini, lanjut Husni, masih bisa dimaklumi karena administrasi kependudukan ini terkait erat dengan jumlah mata pilih dalam Pilpres mendatang.

“Karena itu, kita belum bisa melakukan pelayanan administrasi kependudukan khusus untuk PALI. Untuk sementara ini, kita hanya melayani dan memudahkan saja. Sebab kalau mau urus ke Muaraenim kan jauh, dengan kita buka layanan seperti itu, masyarakat cukup datang ke kantor kita di Kantor Lurah Talang Ubi Timur, Kecamatan Talang Ubi. Soal biaya administrasi dan lain-lain, semuanya sama,” pungkas Husni.

 

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster