Air PDAM Tirta Musi Keruh

 181 total views,  2 views today

*Akibat Hujan dan Banjir

Ilst. Air

Ilst. Air

PALEMBANG, KS – Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi, harus siap-siap kecewa. Pasalnya, kualitas air dari perusahaan daerah milik Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang yang disuplai ke pelanggannya tersebut, bakal keruh.

Hal tersebut menurut  Direktur Tekhnik PDAM Tirta Musi, Stephanus, disebabkan pengaruh dari hujan yang terus mengguyur dan banjir yang kerap mulai terjadi di Palembang, dalam beberapa minggu terakhir.

Walau pun demikian kata Stephanus, hal itu tidak menyebabkan masalah pada air yang dihasilkan. Saat ini rata-rata Nephelometric Turbidity Unit (NTU) atau ukuran kekeruhan air berkisar 200 NTU. Sementara skala air baku idealnya sekitar 100-120 NTU.

“Memang berpengaruh, tetapi itu tidak ada masalah, ini terjadi kalau banjir, tetapi jika air pasang tidak berpengaruh,”ujar Stephanus saat dibincangi di Pemkot Palembang, Senin (23/12).

Stephanus menyebut, untuk mengatasi kekeruhan air, pihaknya telah mensiasati dengan menyiapkan quagolan, dan menambah gas chloore. “Kondisi sekarang, kami nilai tidak akan berpotensi besar meningkatkan NTU. Jika NTU sudah diatas 500, maka hal itu cukup berpengaruh dengan air bersih, namun tetap dapat diatasi,” jelasnya.

Stephanus menyebutkan, kondisi yang cukup parah pernah terjadi pada tahun 2011 lalu. Saat itu, skala kekeruhan air mencapai 2600 NTU. Kondisi itu memaksa pihaknya untuk menghentikan sementara suplay air bersih.

“Terjadinya hal tersebut dikarenakan banjir yang cukup besar, sehingga membuat air sangat keruh, dan tidak memungkinkan lagi diatasi dengan quagolan maupun gas chloore. Tapi, Alhamdulillah kejadian tersebut, tidak berlangsung lama dan air baku normal kembali,” bebernya.

Stephanus menambahkan, pihaknya secara rutin memantau kondisi NTU, maupun debit air sungai. Karena menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, petugas lapangan dan tekhnis akan terus bersiaga. Hal tersebut dilakukan, jika sewaktu-waktu terdapat gangguan. Baik gangguan kualitas air, maupun gangguan pipa, serta kerusakan lainnya. “Memang libur Natal nanti, tetapi kami akan stand by,” tukasnya.

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster