Harga Rumah Belum Terjangkau

 376 total views,  2 views today

rumah-(2)

Foto : IST

PALEMBANG, KS – Data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Palembang, jumlah penduduk Palembang pada 2012 mencapai  1.649.051 jiwa, dengan tingkat kepadatan sebanyak 4.052 orang per kilometer persegi serta laju pertumbuhan penduduk 1,76 persen.

Saat penduduk bertambah, jumlah lapangan kerja tidak bertambah. Sehingga banyak masyarakat yang harus hidup di pemukiman kumuh, padat penduduk dan tak sehat. Yang lebih mengejutkan, Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman (Apersi) mencatat ada 24 persen dari jumlah penduduk di Palembang belum memiliki rumah.

“Sekitar 100 ribu jiwa, penduduk belum memiliki rumah. Mereka mayoritas, adalah masyarakat ekonomi menengah kebawah. Sementara di Sumsel, dari 7,4 juta penduduk Sumsel ada 500 ribu kepala keluarga (KK) yang tidak memiliki rumah,” sebut Ketua Umum Apersi, Eddy Ganefo beberapa waktu lalu di Palembang.

Dengan upah minimum kota (UMK) saat ini Rp1.451.000, sementara hasil survey yang dilakukan pemerintah, terhadap kriteria hidup layak (KHL) untuk buruh lajang di Sumsel 2012, idealnya pendapatan setiap buruh lajang perbulannya Rp1.900.000.

Dengan kondisi UMK dan upah minimum provinsi (UMP) Sumsel 2013 Rp1.400.000, nampaknya masih sulit bagi masyarakat untuk mendapatkan rumah yang layak. Sebab harga rumah type 36/120 yang rata-rata Rp65 juta per unit, sementara jika mengajukan kredit perumahan rakyat (KPR) ke bank setidaknya satu bulan pendapatan yang harus disisihkan antara Rp400.000-Rp800.000.

“Harga rumah di Palembang, masih tergolong mahal. Untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat ekonomi menengah kebawah,  pemkot harus mengeluarkan kebijakan pembangunan rumah murah dengan tanah dan semua biaya pembuatan rumah murah digratiskan. Kalau hanya membebaskan tanah dan IMB, sedangkan pungutan lain tidak di gratiskan, harga rumah tetap akan mahal,”ujarnya.

Teks     : Dicky Wahyudi

Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster