Renovasi Monpera Telah Rampung

 425 total views,  2 views today

*Januari Kembali Beroperasi

Renovasi-Monpera

Foto : Google Image

PALEMBANG, KS – Renovasi monumen perjuangan rakyat (Monpera) yang dilakukan sejak Mei lalu, kini sudah rampung. Monpera akan di buka kembali pada Januari 2014 mendatang. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelolahan Sarana Objek Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Palembang, Agusti.

“Renovasi sudah rampung. Saat ini sedang dilakukan penyusunan koleksi, karena kami prediksi Januari mendatang, Monpera sudah opersional kembali dan dibuka untuk umum,” kata Agusti dibincangi, Jumat (20/12) di ruang kerjanya.

Ia menyebut, renovasi dilakukan secara menyeluruh dengan pengecatan dinding, penambahan lampu disetiap lantai, perbaikan mebel hingga perbaikan sistem penyimpanan. “Disini ada sekitar 300 koleksi, yang merupakan perjuangan rakyat sejak zaman Belanda, mulai dari foto-foto pejuangan, patung yang merupakan replika wajah dari ke enam pejuang kemerdekaan asal Sumatera Selatan, senjata jenis pistol, senapan, kecepek, ranjau hingga alat pelontar bom yang dipakai di masa perjuangan,”bebernya.

Sambung Agusti, untuk koleksi terbaru di Monpera tersebut adalah, uang logam dan kertas keluaran, 1945 hingga 2000-an. ” Uang lama tersebut pemberian dari Bank Indonesia (BI), “ujarnya.

Dengan selesainya renovasi Monpera tersebut, diharapkan jumlah pengunjung bisa bertambah dua kali lipat dari sebelumnya. Selama ini bebernya, jumlah pengunjung di Monpera perhatinya rata-rata 10 orang.

Bagaimana dengan tarif masuk ? Agusti menyebut, untuk bisa menikmati koleksi-koleksi di Monpera, pengunjung akan tetap ditarik tarif seperti sebelumnya. Yakni untuk pelajar Rp 1 ribu, mahasiswa Rp 2 ribu, umum Rp 5 ribu, dan wisatawan mancanegara Rp 20 ribu.

“Selain itu, tahun depan kami juga berencana meningkatkan fasilitas dengan memasang CCTV dan AC di setiap lantai, karena museum terasa pengap dengan kondisi bangunan yang tinggi, namun tidak ada pentilasi udara, ” ungkapnya.

Untuk penambahan fasilitas tersebut, Disbudpar tegasnya sudah mengajukan anggarannya di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang 2014. “Kalau disetujui, maka penambahan fasilitas tersebut akan segera kita realisasikan, “ tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster