Keamanan di Sumsel Diperketat

 125 total views,  2 views today

*Polda Kerahkan Ribuan Personil

*Amankan Natal dan Tahun Baru

polisi

Foto : Google Image

PALEMBANG, KS – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel), memperketat keamanan di Bumi Sriwijaya ini. Polda akan mengerahkan 4.800 personil untuk pengamanan perayaan Natal dan nalam Tahun Baru. Ribuan personil ini, akan disebar di pusat-pusat keramaian dan sarana ibadah .

4.800 personil ini menurut Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel, Irjen Pol Saud Usman Nasution, terdiri dari dari 2.300 personil kepolisian dan sisanya berasal dari TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dan elemen masyarakat lainnya.

“Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, pengamanan kita perketat. Kita akan tempat personil di tempat keramaian dan tempat-tempat rawan kriminalitas, seperti pusat perbelanjaan, areal publik. Kita juga mendirikan 60 posko, yang tersebar di kabupaten dan kota di  Sumsel,” kata Saud yang dibincangi usai menggelar Apel Kesiapan Operasi Lilin di Halaman Griya Agung, Palembang, Jumat (20/12).

Dalam kesempatan itu, Saud juga menghimbau aparat keamanan untuk peka dan tidak bertindak arogan dalam menjalankan tugas. Sebaik mungkin tegasnya, harus ciptakan suasana harmonis dan utamakan tindakan persuasif, sehingga kebersamaan selalu terbentuk.

Bagaimana dengan pengamanan gereja di malam Natal ? Saud menyebut, Polda Sumsel akan menerjunkan 40 personil di masing-masing gereja untuk pengamanan. “Kita juga di back up anggota TNI dan masyarakat,” ujarnya.

Saud menjelaskan, Sumsel termasuk provinsi yang tingkat keamanan nya terbilang stabil. Isu terorisme di provinsi ini menurutnya, juga tidak terlalu mencuat. Walau pun begitu, antisipasi tetap dilakukan

“Memang isu terorisme, tidak terlalu mencuat di Sumsel. Namun tetap saja, pengamanan terhadap objek-objek vital seperti bandara, pelabuhan, terminal dan lainnya tetap kita lakukan terutama saat perayaan hari-hari besar seperti Natal dan tahun baru,” ucapnya.

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Sekda Sumsel, Mukti Sulaiman mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, siap memberikan bantuan demi lancarnya perayaan Natal dan malam pergantian tahun tersebut.

Pemprov kata Mukti, akan menurunkan ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Sat Pol PP.  “Pemprov sifatnya turut membantu pengamanan, saat perayaan Natal dan tahun baru. Misalnya membantu kelancaran lalu-lintas, mengerahkan tenaga medis di posko-posko dan lainnya,” tukasnya.

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster