Banyak Kawasan Masih Gelap

 237 total views,  2 views today

*Minimnya Penerangan Jalan Dikeluhkan

lampu-jalan

Foto : Bagus Kurniawan /KS

PALEMBANG, KS – Jika di pusat kota terutama di areal publik seperti taman, beraneka jenis lampu menghiasi kehidupan malam di Kota Palembang. Ternyata kondisi tersebut, tidak semuanya terjadi metropolis. Banyak kawasan di Palembang yang masih gelap.

Setidaknya itu terungkap dari banyaknya permintaan masyarakat, agar  Dinas Penerangan Jalan Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP) memasang lampu jalan. “Sepanjang tahun ini, ada 500 permintaan pemasangan lampu,” kata Kepala Bidang (Kabid) Penerangan Jalan, DPJPP Kota Palembang, M Arbain, Jumat (20/12).

Permintaan tersebut jelasnya, belum semuanya bisa direalisasikan oleh DPJPP. Alasannya, anggaran yang dimiliki tidak sebanding dengan jumlah permintaan tersebut. “Banyak masyarakat yang meminta kita memasang lampu jalan, di pemukiman mereka karena banyak yang masih gelap. Tetapi anggaran kita sangat terbatas, “ ungkapnya.

Umumnya sebut Arbain, permintaan pemasangan lampu jalan ini berasal dari masyarakat yang tinggal di kecamatan hasil pemekaran. “Misalnya di Kecamatan Ilir Barat (IB) I, permintaan pemasangan lampu jalan ini terus meningkat setiap tahunnya. Begitu juga di Sukarami dan Sako, disana pemukiman penduduk mulai padat,” ucapnya.

Tahun ini Arbain menjelaskan, DPJPP sudah memasang lampu jalan di 20 sampai 30 pemukiman penduduk. Pemasangan itu bebernya, ada yang sifatnya hanya perbaikan namun ada juga yang pasang baru. Untuk pemasangan penerangan jalan dan pemeliharaan selama 2013, DPJPP menggelontorkan dana Rp 125 juta perbulannya.

Ia menambahkan, memang banyak lampu jalan di Palembang yang harus diganti karena usia pemasangannya sudah lama. Sayangnya, DPJPP hanya sanggup memperbaiki 12 titik setiap harinya. Hal itu disebabkan keterbatasan sumber daya manusia (SDM) dan mobil operasional.

“Untuk SDM yang mengerjakan perbaikan, ada 24 orang dibagi dalam empat kelompok, harusnya ada delapan kelompok. Sementara untuk kendaraan operasional, kita hanya memiliki tiga unit. Jumlah itu masih kurang, idealnya ada enam unit. Tetapi untuk pengadaanya cukup mahal, butuh Rp 400 juta sampai Rp 600 juta untuk pengadaan satu unit mobil berikut peralatannya,” bebernya.

Dalam kesempatan tersebut ia juga menerangkan, saat ini DPJPP sudah mulai mengganti lampu jalan yang ada di Palembang dengan lampu jenis LED. Penggantian itu terutama untuk jalan-jalan protokol.

“Namun ada juga jalan protokol yang lampu jalannya, belum diganti dengan jenis LED, seperti di Jalan Veteran. Namun kita usahakan lima tahun kedepan, semua lampu jalan di Palembang akan menggunakan lampu jenis LED. Sebab lampu jenis ini lebih hemat daya dan lebih tahan lama,” tukasnya.

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster