Ribuan Hektar Sawah Diserang Keong Mas

 815 total views,  2 views today

BERSIHKAN

BERSIHKAN : Salah seorang petani, membersihkan sawah miliknya dari hama keong mas yang menyerang. Saat ini petani di Kecamatan Makarti Jaya, Banyuasin, tidak bisa bercocok tanam akibat serangan hama tersebut./ Foto: Google Image

BANYUASIN, KS – Petani di Kecamatan Makarti Jaya, tak bisa bercocok tanam. Pasalnya, ribuan hektar sawah milik petani diberbagai desa di kecamatan tersebut, diserang hama keong mas. Akibatnya, petani merugi dan tidak bisa bercocok tanam, sebab padi yang mereka tanam habis dimakan keong tersebut.

Nyoman Wardike (60), salah satu petani menyebut, hama tersebut sudah beberapa bulan ini tidak bisa bercocok tanam, Karena menyerang tanaman padi milik petani. Hal itu menurut warga Bali, Lingkungan III, Kecamatan Makarti Jaya ini disebabkan hama keong mas.

” Tidak hanya saya, banyak juga petani-petani lain yang mengeluh dengan adanya hama keong mas ini. Karena semakin banyak air menggenang, semakin banyak keong mas itu bertambah,”ujarnya.

Ia menambahkan, berbagai upaya sudah dilakukan untuk menghilangkan keong-keong tersebut, mulai dari racun sampai ditaburi garam pun sudah dilakukan. Namun tidak ada hasil sama sekali. “Kita sudah upayakan segala cara untuk menghilangkan hama keong mas tersebut, tapi tetap tidak ada hasilnya,”ungkapnya.

Senada disampaikan Sunardi (45), warga Desa Tirta Kencana. Menurutnya, ia sudah dua kali mencoba untuk menanami sawah miliknya seluas lima hektar. Namun walau sudah di tandur (ditanam), selalu gagal. “Padi yang ditanam baru berumur satu bulan, pasti habis dimakan keong mas tersebut,”keluh Sunardi.

Menyikapi kondisi ini, anggota DPRD Banyuasin, Arisa Lahari meminta Dinas Pertanian dan Peternakan Banyuasin segara turun tangan mengatasi hama keong mas yang menyerang tanaman padi warga.  “Serangan hama keong  mas tersebut, menyebabkan warga tidak bisa menanam padi,” kata politisi PDI-Perjuangan ini.

Sementara itu Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian yang dibincangi terpisah, mengaku kalau sampai saat ini belum mendengar adanya hama keong mas, yang menyerang ribuan hektar sawah milik petani di Kecamatan Makarti Jaya.

“Saya belum menerima laporan, adanya hama keong mas yang menyerang sawah warga tersebut. Tapi secepatnya kita akan mengintruksikan dinas terkait dalam hal ini Dinas Pertanian dan Peternakan , untuk mengecek kebenarannya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Madian mengatakan, sampai saat ini mereka belum mendapatkan laporan dari warga terkait serangan hama tersebut.  “Namun kita akan periksa kebenarannya. Kalau itu memang terjadi, kita akan memberikan  bantuan racun untuk membasmi hama tersebut,” tukasnya.

TEKS              : DIDING KARNADI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster