Pemkot Tak Akan Gunakan APBD

 185 total views,  2 views today

*Untuk Kegiatan Malam Tahun Baru

apbd

PALEMBANG, KS – Wali Kota Palembang Romi Herton, melarang para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, untuk menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), guna membiayai kegiatan yang sifatnya bersenang-senang pada saat malam pergantian tahun.

“Saya pastikan pemkot, tidak akan gunakan dana APBD dalam perayaan tahun baru yang tinggal sekitar 12 hari lagi,” kata Romi yang dibincangi di Balai Kota, Kamis (19/12).

Romi mengatakan, pada malam pergantian tahun dari 2013 menuju 2014 mendatang, diperingati seperti biasa. Menurutnya, jika memang ada sponsor untuk membiaya pesta kembang api, atau yang lainnya barulah kegiatan tersebut akan dilakukan. “Kalau untuk dana pemerintah tidak akan ada pesta, tapi kalau ada sponsornya kita akan adakan,”ujarnya.

Romi menyebutkan, rutinitas menjelang akhir tahun akan dilakukan zikir akbar, yang dilakukan di Masjid Agung. Kegiatan tersebut, akan mengundang 10 ribu anak yatim. ” Zikir akbar ini, acara rutin pemkot yang digelar setiap malam tahun baru. Dibandingkan hura-hura, lebih baik malam tahun baru kita isi dengan berdoa,” ucap Romi.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo menyebut, pemkot tidak menggelar kegiatan yang bersifat pesta saat malam pergantian tahun baru mendatang. Saat malam pergantian tahun tersebut, pemkot menurutnya hanya menggelar zikir akbar.

“Namun keamanan saat malam tahun baru, tetap menjadi perhatian kita. Pemkot bekerjasama dengan Kepolisian Resort Kota (Polresta) Palembang, akan fokus mengamankan titik-titik keramaian seperti Jembatan Ampera, kawasan Benteng Kuto Besak (BKB), dan kawasan Jakabaring,” kata Harno.

Sementara itu Kepala Polresta Palembang, Kombes Pol Sabaruddin Ginting menyebut, Polresta akan menerjunkan 850 personil untuk pengamanan perayaan Natal dan malam tahun baru. Pengamanan akan dilakukan di sejumlah titik di Palembang, yang di fokuskan di tempat ibadah dan tempat keramaian.

“Kita telah mempersiapkan sasaran pengamanan, seperti tempat ibadah, pusat perbelanjaan, tempat rekreasi dan beberapa tempat lain yang dijadikan tembat untuk menyambut tahun baru 2014,” kata Sabaruddin.

Ia menyebut, saat malam pergantian tahun ini nanti, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan menggelar zikir akbar. Kegiatan itu sebutnya, akan mendapatkan perhatian pengamanan. Begitu juga, dengan pesta rakyat.

Banyaknya personil yang diterjunkan, dalam pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru tersebutt kata Sabaruddin, disebabkan adanya kemungkinan gangguan keamanan tetapi karena saat-saat ini biasanya Palembang akan ramai. Sehingga sebagai bentuk antisipasi, agar terjadi tindakan anarkis maupun kejahatan maka diterjunkan ratusan personil yang disebar di sejumlah titik.

Disinggung soal kemacetan di Jembatan Ampera sekarang dan menjelang tahun baru, Sabarudin menjawab, Polresta bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang telah melakukan rekayasa jalan, seperti dari arah Plaju dilakukan penyempitan badan jalan menuju Jakabaring sehingga volume kendaraan yang masuk ke Jembatan Ampera, tidak terlalu banyak.

“Nantinya kendaraan dari arah Plaju, harus memutar di depan kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) di Jakabaring. Ini kita lakuan, agar tidak ada terjadi penumpukan kendaraan di atas Jembatan Ampera,” tukasnya.

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster