PALI Bakal Miliki Rusunawa

 229 total views,  2 views today

-Dipersiapkan Untuk Anggota Polres PALI-

Rusunawa

Indra Tarigan didampingi Iskandar Anwar saat melakukan pengecekan dan pengukuran lahan untuk rusunawa. / Foto : Indra Setia Haris / KS

PALI | KS – Rencana pembentukan Markas Kepolisian Resort (Mapolres), Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sepertinya tidak bakal menunggu lama. Buktinya, Mapolda Sumsel sudah mempersiapkan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang akan menjadi tempat tinggal anggota Polres PALI.

Untuk memverifikasi lahan yang akan dijadikan lokasi rusanwa itu, Kementeri Perumahan Rakyat (Kemenpera), Republik Indonesia, melalui Deputi Formal, Indra Tarigan, Kamis (19/12) mendatangi Kabupaten PALI untuk memastikan kontur tanah sekaligus legalitas lahan tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, kedatangan Indra ini didampingi pejabat Polda Sumsel Biro Sarpras, Kompol Amrozi N.

“Kedatangan kita untuk melakukan pengecekan lahan, untuk perencanaan pembanggunan Rusunawa, melalui program dari Menpera. Kita akan lihat legalitasnya. Kalau semua suratnya lengkap, maka akan kita rekomendasikan. Pertengahan 2014 nanti, sudah bisa mulai dikerjakan,” jelas Indra.

Indra menambahkan, melihat kontur tanah dan akses utilitas (listrik dan PAM)  yang ada disitu, pada dasarnya ia setuju. Namun begitu, pihaknya masih menunggu surat hibah dari pemilik lahan.

“Kalau surat hibahnya beres, akan kita rekomendasikan untuk dibangun. Dengan begitu, bulan Februari nanti konsultan perencananya akan turun datang untuk membuat Detail Engineering Design (DED),” jelasnya.

Lahan itu terletak di Simpang Raja Kelurahan Handayani Mulia Kecamatan Talang Ubi. Lahan seluas 2 Hektar itu merupakan hibah dari tokoh pemuda PALI, sekaligus mantan Ketua Harian Presidium Pembentukan Kabupaten PALI, Iskandar Anwar SE.

Menurut Iskandar, dirinya sengaja menghibahkan tanahnya seluas dua hektar itu sebagai bentuk dukunganya terhadap pembangunan di Kabupaten PALI.

“Nanti rencananya Rusunawa ini sendiri, untuk sementara rencananya akan ditempati oleh petugas kepolisian dan Brimob yang bertugas di PALI,” imbuhnya.

Guna meyakinkan utusan Kemenpera itu, Iskandar yang didampingi Drs H Soemarjono itu mengungkapkan, dilokasi yang seluruhnya seluas 20 hektar itu nantinya akan dibangun rumah sakit swasta bekerja sama dengan rumah sakit terkenal, perguruan tinggi dan kawasan pemukiman.

“Kita juga akan bangun pemukiman pak, kalau bisa nanti kami minta Kemenpera dapat membantu sehingga harganya terjangkau masyarakat” kata Iskandar.
Sementara itu, Bupati PALI Ir H Heri Amalindo MM saat melakukan sharing bersama usai melakukan pengecekan lokasi lahan dirumah dinasnya, mengatakan sangat mendukung adanya program Rusunawa yang akan dibagun di Kabupaten PALI.

“Kita sangat mendukung perencanaan dibanggunya Rusunawa di Kabupaten PALI, oleh Menpera. Kita berharap, dengan adanya Rusunawa ini masyarakat akan ramai, dan aktifitas perekonomian juga akan meningkat, begitupun PAD kita,” ujarnya.

Teks : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster