Masih Ditemukan Kesalahan Nama

*Dalam Kertas Suara untuk Pileg 2014

kertas-legislatif

Foto : google image

PALEMBANG, KS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang memastikan, sesuai jadwal, pencetakan surat suara untuk pemilihan legislatif (Pileg) 2014 mendatang dilakukan mulai 10 Januari mendatang.

Pencetakan surat suara ini dilakukan oleh KPU RI, sementara KPU kabupaten/kota hanya menerima. Komisioner KPU Palembang, Abdul Karim ditemui di ruang kerjanya, Kamis (19/12) mengatakan, saat ini validasi daftar calon tetap (DCT) anggota DPRD Kota Palembang di surat suara, sudah dilakukan oleh KPU Palembang.

Hasilnya, sudah disampaikan ke KPU Sumsel untuk kemudian dikirimkan ke KPU RI. “Validasi DCT untuk di surat suara, sudah kita lakukan setelah KPU Palembang menerima format dari KPU RI,”  kata Karim yang dibincangi, Kamis (19/12).

Ia menuturkan, hasil validasi tersebut, ditemukan beberapa kesalahan, seperti kesalahan penulisan nama, dan penulisan gelar. Validasi ini kata Karim, melibatkan pengurus partai politik (parpol).

“Setelah bertemu dengan pengurus parpol, memang ditemukan beberapa kesalahan dalam penulisan nama, contohnya, seharusnya namanya ada spasi, tetapi penulisannya disambung. Sebagian lagi, seharusnya penulisan namanya tanpa gelar, tetapi tertulis ada gelar. Ada lima kasus yang kita temukan, seperti ini dan kini sudah kita perbaiki,” beber Karim.

Ia menambahkan, untuk caleg yang sudah meninggal, dalam kolom surat suara yang akan dicetak sudah dikosongkan, dan itu sudah dikoordinasikan dengan parpol yang bersangkutan. “Untuk caleg yang meninggal dunia, sebelum tanggal 10 November ada satu kasus, dan namanya sudah kita hapuskan, kita sudah validasi ke partainya, yakni Partai Golkar dan di format surat suara sekarang sudah dikosongkan,” terang Karim.

Dikatakan Karim, hasil validasi surat suara tersebut, sudah ditandatangani masing-masing parpol peserta pemilu, dan sudah diserahkan ke KPU Sumsel untuk kemudian diserahkan ke KPU RI. “Kabar yang kami terima, penyerahan dami surat suara tersebut akan dilakukan KPU Sumsel pada Senin nanti. Intinya, untuk surat suara sudah tidak ada permasalahan lagi,” tukasnya.

TEKS              : DICKY WAHYUDI

EDITOR         : IMRON SUPRIYADI

 




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com