1000 Rumah Akan Dibedah

 291 total views,  2 views today

rumah-surgha

PALEMBANG, KS – Wali Kota Palembang,  Romi Herton memastikan pada 2014 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, akan membedah sebanyak 1000 unit rumah milik masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Untuk pelaksanaanya kata Romi, pemkot akan bekerjasama dengan Real Estate Indonesia (REI), untuk pembangunan tiga jenis pembangunan rumah yakni rumah mewah, rumah sederhana dan rumah murah untuk MBR.

“10 ribu rumah yang kita beda ini, disebar di 16 kecamatan yang ada di Kota Palembang. Pelaksanannya kemungkinan , mulai kita lakukan pada Februari mendatang,” kata Romi yang dibincangi di Balai Kota, Kamis (19/12).

Dibincangi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya (CK) Kota Palembang, Ana Heryana menyebut, untuk program beda rumah ini sudah dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang 2014.

“Sudah kita anggarkan Rp 10 miliar, di APBD 2014. Dana tersebut, untuk membedah 1000 unit rumah milik MBR. Program ini rencanannya, akan kita realisasikan pada Februari mendatang,” jelas Ana.

Ana menyebut, dari 16 kecamatan di Kota Palembang ada tiga kecamatan yang menjadi prioritas yakni Kecamatan Seberang Ulu (SU) I, SU II dan Kecamatan Kertapati. “Di tiga kecamatan ini, ada 10 kelurahan yang masuk kawasan kumuh berat. Sehingga program bedah rumah ini, akan kita prioritaskan di 10 kelurahan itu,” ucapnya.

Setiap rumah yang akan dibedah ungkap Ana, akan di alokasikan dana Rp 10 juta. Artinya, untuk 1000 unit rumah dibutuhkan anggaran Rp 10 miliar. “Program ini, akan dilaksanakan selama lima tahun, sehingga dibutuhkan dana Rp 50 miliar,”bebernya.

Bagaimana mekanisme pelaksanannnya ? Ana menyebut, nantinya Dinas PU CK akan membentuk tim yang melibatkan kecamatan dan kelurahan. Tim inilah menurut Ana, yang akan melakukan survey untuk menentukan rumah-rumah mana yang akan dibedah.

“Rumah yang akan dibedah itu, adalah rumah milik MBR dengan katagori penghasilan dibawa Rp 2 juta, bekerja di sektor informal dan lainnya. Tim itulah yang akan menentukannya, rumah tangga yang layak mendapatkan bantuan tersebut,” tukasnya.

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster