Pemilik Usaha Dihimbau Memasang CCTV

 241 total views,  2 views today

CCTV

CCTV

PALEMBANG, KS-Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo menghimbau kepada semua toko-toko yang ada di metropolis untuk melengkapi dengan closed circuit television (CCTV) atau kamera tersembunyi di masing-masing tempat usaha mereka. “CCTV ini penting, guna meminimalisir tindakan kriminal,” kata Harnojoyo yang dibincangi belum lama ini.

Menurut Harno, jika tempat usaha dilengkapi dengan CCTV maka kondisi tempat usahanya bisa terpantau. Selain itu, pemilik usaha juga bisa mengetahui lebih dini jika ada kejadian yang tidak diinginkan. “Karena salah satu fungsi CCTV tersebut, bisa memantau suasana di luar dari jarak jauh,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resort Kota (Polresta) Palembang, Kombes Pol Sabaruddin Ginting menyebut, banyak manfaat dari CCTV. Kamera tersembunyi itu urainya, merupakan salah satu alat pemantau keamanan.  “CCTV juga, akan sangat membantu kepolisian untuk mengungkap kasus perampokan atau pencurian di tempat usaha,” jelas Sabaruddin.

Sabaruddin mencontohkan, kasus perampokan toko emas di kawasan Plaju beberapa waktu lalu.  Karena toko tersebut tidak dilengkapi CCTV, pihaknya sebut Sabaruddin, cukup kesulitan mengungkap kasus tersebut. “Kalau toko itu, sudah dilengkapi CCTV tentu kita akan mengetahui pelaku perampokannya,” ujarnya.

Karenanya ia menghimbau semua pemilik usaha, untuk melengkapi tempat usahanya dengan CCTV. “Saat ini di Palembang, sudah cukup banyak tempat usaha yang dilengkapi CCTV. Namun banyak juga, yang belum. Mereka kita himbau, segera memasang CCTV,” himbaunya.

Tak hanya CCTV, pemilik usaha juga diminta Sabaruddin untuk menambahkan juru parkir khusus yang mengatur parkir di depan usahanya. Juru parkir ini menurut Sabaruddin, tidak hanya membantu mengatur parkir kendaraan tetapi juga bisa meminimalisir adanya pencurian kendaraan bermotor.

“Dengan adanya juru parkir, setidaknya keamanan kendaraan yang terparkir bisa sedikit terjamin. Karena juru parkir tersebut tentu akan memantau kendaraan yang terparkir di areal parkir yang menjadi tanggung jawabannya,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster