PAD Ditargetkan Meningkat 20 Persen

 272 total views,  2 views today

Ilst.

Ilst.

PALEMBANG, KS-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Palembang, menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2014 meningkat 20 persen dari tahun 2013, yakni sebesar Rp 322 miliar.

Kepala Dispenda Palembang, Agus Kelana mengatakan, target peningkatan PAD tersebut sangat realistis, mengingat saat ini jumlah pajak daerah melebihi target. “Kami optimis peningkatan target pajak tersebut bisa terealisasi, sekarang ini target PAD Rp 322 miliar telah tercapai sebesar Rp 330 miliar,” ungkapnya usai rapat koordinasi PAD (Rakor PAD) ke-4, di kantor Dispenda, Selasa (17/12).

Menurut Agus, pihaknya terus mendorong secara optimal peningkatan setoran untuk PAD, dengan cara mengajak semua unit pelaksana teknis dan masyarakat untuk berperan aktif mendorong kesadaran wajib pajak (WP) membayar kewajiban mereka.

“Adapun 11 jenis pajak yang dikelola oleh Dispenda yakni  pajak reklame, hiburan, parkir, hotel, pajak bumi dan bangunan, bea perolehan hak atas tanah dan bangunan, penerangan lampu jalan, pajak sarang burung walet, air bawah tanah, mineral bukan logam dan batuan serta pajak restoran,” terangnya.

Namu menurut Agus, masih ada delapan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan pemkot yang tidak tercapai target retribusinya. Ke delapan SKPD tersebut yakni Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), untuk retribusi pemakaian kekayaan daerah. Dari target Rp 264 juta baru terealisasi Rp 205 juta atau 77,8 persen.

Kemudian Dinas PU Bina Marga dan PSDA, untuk  retribusi pemakaian kekayaan daerah. Dari target Rp 100 juta baru terealisasi 57 persen atau Rp 57 juta. Kemudian, Dinas Tata Kota untuk retribusi izin mendirikan bangunan (IMB), yang baru terealisasi 86,89 persen atau Rp 78 miliar dari target  Rp 90,7 miliar.

Lalu Badan Koordinasi PMD untuk retribusi izin gangguan, terelisasi 73,73 persen atau Rp 6,678 miliar dari target Rp 9 miliar. Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan untuk retribusi  RPH, terealisasi 76,79 persen atau Rp 491 juta dari target Rp640 juta.

Kemudian SKPD lain yakni Dinas Kebersihan, Dinas Perhubungan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta beberapa retribusi pembuatan KTP dan KK beberapa kecamatan. “Ada juga SKPD kita juga yang tercapai target, seperti Dinas Penerangan Jalan Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP),  Dinas penyelamatan Pemadaman dan Kebakaran, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,  Badan Lingkungan Hidup dan Dinas Kominfo,” bebernya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo, juga optimis pada 2014 mendatang PAD Kota Palembang akan meningkat 20 persen. “Kalau terus ada peningkatan, otomatis pembangunan Palembang akan lebih baik dan maju lagi,” ucapnya.

Disinggung masih ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang belum mencapai target, Harno menjawab, kalau memang tidak sesuai target, akan dievaluasi. Namun, secara keseluruhan target PAD Palembang, telah terlampaui.  “Secara keseluruhan, saat ini sudah 102 persen pajak terserap, memang benar ada beberapa pajak daerah dan retribusi yang belum capai target,” ujarnya.

Untuk terus meningkatkan PAD di tahun 2014 mendatang,  pihaknya akan segera menindaklanjuti SKPD-SKPD yang tidak capai target. “Kita akan evaluasi mana saja SKPD yang tidak capai target, namun kita juga harus tau penyebab tidak capai target tersebut,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster