Ospek Tak Perlu Dihilangkan

 292 total views,  2 views today

LUBUKLINGGAU | KS-Kekerasan terhadap mahasiswa baru kerap terjadi pada kegiatan orientasi pengenalan kampus (ospek). Padahal Kemendikbud sering menyerukan agar ospek dilakukan melalui pendekatan akademik. Selain itu, dalam buku pedoman juga dilarang keras melakukan kekerasan verbal dan fisik dalam ospek.

Wacana yang digulirkan Kemdikbud agar ada moratorium atau penghentian sementara dinilai menjadi jalan terakhir untuk mengatasi kekerasan terhadap mahasiswa baru (maba). bukan tidak mungkin bila ospek diteruskan akan semakin bertambah barisan korban di negeri ini.

Mencuatnya kasus kematian mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Fikri Dolasmantya Surya, pada saat kegiatan itu diharapkan menjadi kasus terakhir yang seharusnya tidak perlu ada lagi.

Menanggapi hal ini, Ketua Jurusan Perbankan Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIS) Bumi Silampari, Harpin Gelora menyampaikan, Selasa (17/12) bahwa Ospek tidak perlu dihentikan, karena walau bagaimanapun banyak manfaatnya, hanya pengawasan terhadap kegiatan tersebut lebih ketat, agar tidak terjadi kekerasan fisik.

“Saya tidak setuju, kalau ospek dihilangkan walau bagaimanapun banyak manfaat yang didapatkan dengan pengenalan kampus dan kegiatan yang dapat memancing daya kreatifitas calon mahasiswa. Hanya yang perlu dilakukan dalam ospek ini adalah pengawasan terhadap jalannya program agar tidak keluar dari yang telah di tetapkan. Di STAIS sendiri tidak masalah dengan ospek, kita betul-betul mematuhi pedoman dari Kemdikbud, lebih kepada pendekatan akademik,” jelas Harpin Gelora.

Sementara itu, anggota Senat STAIS, Wawan Supratman menyampaikan bahwa dirinya juga tidak setuju bila ospek dihentikan, karena banyak sekali manfaat yang didapatkan bagi calon mahasiswa.

“Adanya kasus tindak kekerasan terhadap calon mahasiswa ketika ospek sudah menyalahi aturan, karena tujuan ospek yang sebenarnya tidak seperti itu, tetapi lebih kepada pengenalan kampus dan tempat perguruan tinggi dimana nantinya calon mahasiswa akan mengenyam pendidikan tinggi,”katanya.

 

TEKS : faisol

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster