Etios, Jadi Korban Mobil Murah Agya

 320 total views,  2 views today

etiosJAKARTA KS-Mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) tengah naik daun. Menyandang status pemain baru, model ini sudah mampu berada di papan atas klasemen penjualan mobil nasional terutama kelas city car.

Di segmen city car yang sebelumnya dikuasai pemain lama seperti Toyota Etios kini berubah. Mobil itu justu harus berada di papan bawah dan kalah dengan model dari merek yang sama, mobil murah Toyota Agya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Etios yang diluncurkan sejak Maret 2013 itu sempat berada di atas angin. Penjualannya cukup bagus. Bahkan, pada April-Mei, jualan Etios tembus di atas angka 2.500 unit.

Tapi begitu Agya dipasarkan, penjualan Etios mendadak menyusup. Mobil dari merek serupa dengan kapasitas sama-sama lima penumpang itu hanya terjual 639 unit di Oktober dan 722 unit (November). Padahal, pada September mencapai 1.019 unit.

Sedangkan penjualan Agya langsung melejit dari 4.123 unit pada September menjadi 5.343 unit selama Oktober 2013. Terakhir pada bulan lalu, Agya terserap pasar sebanyak 6.592 unit.

Capaian ini menjadikan Agya masuk peringkat kedua mobil terlaris nasional pada bulan lalu, atau tepat berada di bawah Avanza.

Menanggapi hal itu, Direktur Marketing Toyota Astra Motor, Rahmat Samulo, membantah menyusutnya penjualan Etios karena kehadiran Agya.

“Sebenarnya permintaan Etios cukup banyak, tapi kita belum bisa penuhi. Itu karena ada pengaturan produksi di pabrik, jadi kita cuma bisa penuhi demand di bawah 1.000 unit saja. Padahal permintaannya 1.500 unit per bulan,” kata Rahmat, Selasa 17 Desember 2013.

Jadi, sambung dia, Etios dan Agya tidak saling ‘makan’ meski berada dalam satu kelas. “Punya pangsa pasar sendiri-sendiri. Jualan Agya bulan lalu memang cukup tinggi, karena kita berupaya memenuhi konsumen yang sudah menunggu lama sejak dua bulan lalu,” katanya.

 

Sumber : Viva.co.id





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster