Dinkes Akan Periksa Kesehatan Defri

 341 total views,  2 views today

Ilustrasi | Google Image

Ilustrasi | Google Imagekesehata

*Bocah yang Hobi Makan Tanah

BANYUASIN, KS-Masih ingat dengan Defri Putra Irawan, bocah berusia 3 tahun yang hobi makan tanah. Kelainan warga Dedi Irawan dan  Fitri Feby Susanti, warga Kelurahan Kedondong Raye, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin itu, akan diperiksa kondisinya.

Kepala Dinkes Banyuasin, Hj Ayuhana menyebut, Puskesmas Kedondong Raye untuk memeriksa kesehatan Defri. Tujuannya untuk mengetahui kondisi kesehatan bocah tersebut. “Puskesmas kita minta untuk memeriksa kesehatannya, apakah kelainan Defri yang suka makan tanah itu berpengaruh terhadap kesehatannya atau tidak,” kata Ayuhana yang dibincangi, Selasa (17/12).

Dari pemeriksaan tersebut jelasnya, bisa diketahui apa penyebab kelainan yang diderita Defri tersebut. Apakah kelainan itu disebabkan, persoalan sosial atau terkait dengan persoalan asupan gizi.

Jika penyebabnya terkait dengan asupan gizi maka jelas Ayuhana, Puskesmas Kedondong Raye akan menyediakan ahli gizi, untuk mencari solusi guna mengatasi kelainan yang diderita Defri tersebut. Apalagi ungkap Ayuhana, Defri sudah terbiasa makan tanah sejak berusia empat bulan.

Terlepas dari apa penyebab keganjilan yang diderita Defri tersebut menurut Ayuhana, persoalan sosial tersebut mendapatkan perhatian serius dari Dinkes Banyuasin. Tak hanya Dinkes, Ayuhana juga berharap peran masyarakat untuk mengawasi perkembangan Defri. “Kejadian yang dialami Defri ini, bisa terjadi dengan balita lainnya. Karenanya masyarakat sekitar, harus ikut mengawasi tumbuh kembang anak,” ujarnya.

Dinkes sendiri sambungnya melalui Puskesmas, sudah menyediakan layanan konseling untuk konsultasi kesehatan dan gizi bagi masyarakat. Fasilitas tersebut diharapkan Ayuhana bisa dimanfaatkan masyarakat, untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat terkait dengan kesehatan dan gizi.

Sebagai informasi, sebelumnya seperti diberitakan Kabar Sumatera, warga Kabupaten Banyuasin sempat dibuat heboh dengan prilaku ganjil Defri Putra Irawan, yang suka makan tanah.

Fitri Feby Susanti, ibu dari Defri yang dibincangi Kabar Sumatera menyebut kebiasaan putranya tersebut sudah dilakukan sejak masih berusia empat bulan. “Ia sudah lama, suka makan tanah. Itu diluar pengawasan kami, “ tutur Fitri menceritakan kebiasaan anaknya tersebut saat dibincangi di kediamannya.

Fitri mengaku awalnya, mereka tidak tahu kebiasaan aneh putranya tersebut. Namun kebiasaan itu terbongkar, saat Fitri melihat mulut anaknya penuh dengan tanah. “Ternyata Defri mengaku, kebiasaannya itu sudah lama. Dalam sehari, ia bisa menghabiskan satu piring kecil yang berisikan tanah. Walau pun begitu, kesehatannya tidak terganggu. Ia tumbuh, sama seperti anak seusiannya,” ungkapnya.

.Disinggung apakah Defri suka makan nasi, Fitri mengatakan, anakku ini masih suka makan nasi. “Tapi anehnya, setelah makan tanah, makan nasinya berkurang. Artinya, selera dia untuk makan nasi tidak ada,” tukasnya.

 

TEKS              : DIDING KARNADI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster