Atap Rumbia Kian Tersingkir

 3,723 total views,  2 views today

Ilustrasi Atap Rumbia | Dok KS

Ilustrasi Atap Rumbia | Dok KS

PALEMBANG | KS-Atap rumbia sudah lama dikenal sebagai bahan atap rumah tempat tinggal atau tempat berteduh lainnya. Di era serba canggih saat ini atap rumbia mulai menghilang dari pasaran. Pasalnya, sudah sangat sedikit masyarakat yang menggunakan atap berbahan rumbia, melainkan memakai atap seng atau dari bahan plastik.

Akibatnya, para perajin atap rumbia semakin hari semakin berkurang dan langka. Aminah (58) pengrajin atap rumbia di Jalan Mataram Kemas Rindo Kertapati Palembang mengatakan, kian hari pengrajin atap rumbiah semakin berkurang, karena minat masyarakat untuk menggunakan atap jenis ini sudah sangat minim.

Menurutnya, Harga daun rumbia berkisar Rp.2.000,- untuk satu bekawan( satu ikat) “Atap rumbia sendiri dijual dalam skala besar hingga ratusan, pembelinya pun sering dari luar seperti Ogan Ilir maupun daerah lainnya,” katanya, Selasa (17/12).

Menurutnya, atap rumbia akan semakin bagus bila sudah menghijau dan basah selain itu kelebihan atap rembia bila saat hujan tidak akan bersuara tidak seperti halnya seng dan lebih terasa sejuk bila menggunakannya, selain itu daun-daun rumbia yang ada ia dapatkan dari pengepul, dan dalam seminggu bisa mencapai ratusan lembar daun yang didapat.

Dikatakannya, cara membuat atap dari bahan daun rumbia tidaklah sulit, cukup menyediakan beberapa jenis bahan antara lain bambu tebal yang dibelah sepanjang 1,5 meter, daun rumbia dan batang bamban yang di potong tipis dan panjang seperti tali. Setelah bahannya lengkap, atap rumbia dilipatkan pada bambu dan kemudian dirajut pakai tali yang terbuat dari batang bamban.

“ Meskipun sudah minim pembeli tapi saya akan terus menggeluti bisnis ini, karena sudah tidak ada pekerjaan lagi, jadilah dikit-dikit yang penting biso belanjo,”ungkapnya.

 

TEKS : AMINUDDIN





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster