Piagio Terpuruk

 321 total views,  2 views today

piaggio

piaggio

//Penjualan Tak Capai Target

PALEMBANG KS-Penjualan skuter asal Italia vespa dan piaggio di bulan ini mengalami penurunan jika dibandingkan bulan sebelumnya. Penurunan tersebut disebabkan harga unit yang dijual tinggi ditambah kebijakan pemerintah yang menaikkan Pajak pertambahan Nilai Barang Mewah (PPNBM).

PIC PT Skuterindo mandiri lestari, Main dealer vespa-piaggio region sumbagsel Safarudin mengatakan, per November pihaknya baru membukukan penjualan sekitar 11 unit masih jauh dari target rata-rata penjualan 20 unit perbulan. “Kondisi nya sedikit berbeda, kalau bulan kemarin memasuki pekan ke tiga kita sudah bisa menjual sampai 13 unit,“terangnya.

Menurutnya, turunnya penjualan tersebut disebabkan karena harga jual setiap unit yang terbilang tinggi ditambah lagi PPNBM yang mulai diberlakukan pada Desember ini diyakini akan membuat penjualan vespa-piaggio kian terpuruk.

“Sekarang saja harganya sudah tinggi, otomatis jika ppnbm naik harga setiap unit juga bakal mengalami kenaikan,“ keluhnya.

Selain itu, turunnya penjualan juga terkendala oleh suplai. Sehingga konsumen harus mengindent dahulu sekitar satu bulan. Nah, kebanyakan konsumen tak mau menunggu kalau sampai berbulan-bulan.“Sebenarnya minat konsumen ada, hanya saja mereka tidak sabar menunggu terlalu lama,” jelasnya.

Menurutnya, keterlambatan suplai tersebut membuat stok vespa di Palembang sangat terbatas. “Stok di sini memang sedikit hanya beberapa tipe saja, untuk tipe tertentu siap dikirim by order,“ kata dia.

Dikatakanya, meskipun harga matik vespa jauh lebih mahal dibanding kompetitor bukan menjadi faktor utama yang menyebabkan minat konsumen terhadap vespa dan piaggio berkurang. Sebab, brand skuter matik Italia ini punya pangsa pasar tersendiri dengan banderol diatas Rp 20 jutaan sehingga wajar saja jika peminat datang dari kalangan menengah keatas.

Untuk mengantisipasi lesunya penjualan saat ini, pihak vespa-piaggio belum memikirkan strategi khusus seperti contoh promo besar jelang akhir tahun. Pihaknya masih optimis mampu bangkit walau tanpa ada program khusus untuk menarik minat konsumen.

“terlalu cepat untuk menggelar promo akhir tahun sekarang, bukan tidak mungkin hal tersebut juga dilakukan pihaknya mengingat para kompetitor mulai mengambil langkah serupa untuk menggenjot sales dan menghabiskan stok lama,” tukasnya seraya mengatakan saat ini strategi pemasaran pihaknya memberikan potongan uang muka Rp 1 juta per unit.

TEKS : Aan Wahyudi

EDITOR : ROMI MARADONA

Piagio Terpuruk





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster