Distamben : Banyak Perusahaan Belum Kantongi Izin Lingkungan

 241 total views,  2 views today

Ir M Soleh, Kepala Distamben LH

Ir M Soleh, Kepala Distamben LH

PALI | KS –Dinas Pertambangan Energi dan Lingkungan Hidup (Distamben LH), Kabupaten PALI mencatat, dari banyaknya perusahaan yang beroperasi di PALI, hanya ada satu perusahaan yang telah mengantongi izin lingkungan.

Dari penelusuran Kabar Sumatera, di Kabupaten PALI terdapat lima perusahaan perkebunan, diantaranya PT SBAL, PT Golden Blossom, PT Proteksindo dan PT LKK.

Dari beberapa perusahaan itu, hanya PT SBAL saja yang telah melengkapi izinnya.

Kepala Dinas Pertambangan Energi dan Lingkungan Hidup, Ir M Soleh, kepada KabarSumatera, Senin (16/12), mengatakan, pada 2014 mendatang, Pemkab PALI akan bertindak tegas kepada perusahaan yang belum memiliki izin tersebut.

“Ya, kami akan tindak tegas perusahaan yang belum mengantongi izin, baik lingkungan maupun lainnya,” tuturnya.

Disinggung izin PT Techwin Benakat Timur, Soleh menjelaskan, pihaknya belum bisa memastikan izin lingkungan perusahaan tersebut. “Kita masih teliti berkasnya. Memang ada beberapa perusahaan migas yang sedang mengurus perizinan lingkungan. Tapi, data pastinya belum tahu PT TBT sudah termasuk atau belum,” jelas Soleh.

Dirinya juga mengakui, ada beberapa perusahaan yang mengantongi izin yang dikeluarkan oleh Pemkab Muaraenim. Namun, pihaknya berharap, perusahaan berkoordinasi dengan Pemkab PALI terkait izin tersebut.

“Semua perusahaan yang ada disini seharusnya koordinasi dengan kita, terutama masalah lingkungan,” tuturnya.

Saat ini, menurut Soleh, Distamben LH telah berkirim surat kepada seluruh perusahaan di wilayah PALI untuk melaporkan perizinan yang telah dimiliki. Jika belum mengurus izin, DistambenLH meminta perusahaan tersebut untuk segera mengurus izin lingkungan.

“Contoh, dari beberapa perusahaan perkebunan yang ada, hanya PT Suryabumi Agrolanggeng yang telah melengkapi izin. Sementara perusahaan lainnya belum mengurus izin lingkungan. Izin lingkungan yang dimaksud meliputi Izin Prinsip Operasional, Izin Pengolahan Limbah dan Izin Penyimpanan dan pengolahan Limbah B3,” ucapnya.

 

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster