DIPA Kabupaten PALI Rp 286,7 Milyar

 285 total views,  2 views today

Ir H Heri Amalindo MM

Ir H Heri Amalindo MM Bupati PALI

PALI | KS –Untuk tahun 2014 mendatang, pemerintah propinsi telah menerbitkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2014. Dalam DIPA tersebut dialokasikan beberapa program dan proyek yang akan dilaksanakan tahun depan.

Dalam DIPA 2014 yang dibagikan Jumat (13/12) lalu itu, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mendapatkan ‘jatah’ sebesar Rp 286,7 Milyar.

“Alhamdulillah, DIPA kita sebesar Rp 286,7 Milyar” ungkap Penjabat Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo MM, Senin (16/12).

Dari daftar yang diterima tersebut, lanjut Heri, terdapat alokasi untuk pembangunan jalan Talang Ojan-Talang Baru, Pembangunan Jembatan Payuputat-Tanah Abang, Pembangunan Rumah Sakit Pratama, dan beberapa proyek lainnya yang berasal dari berbagai dinas propinsi.

“Alhamdulillah hampir setiap dinas propinsi seperti pertanian, perkebunan, pendidikan, kesehatan dan lain-lain menganggarkan kegiatan dan proyek yang diperuntukkan untuk kabupaten PALI,” tambahnya

Heri mengakui, Gubernur Alex Noerdin pernah berjanji akan membantu Pemkab PALI sebesar Rp 100 Milyar. Namun dengan nilai proyek yang akan disalurkan seperti tercantum dalam DIPA, jumlahnya justru meningkat hampir tiga kali lipat.

Namun demikian, lanjut Heri, jumlah itu masih akan bertambah. Karena jumlah tersebut belum termasuk dana hibah. “Jumlahnya belum tahu, karena dana hibahnya sekarang masih dihitung. Bisa Rp50 M atau lebih atau berapa, yang jelas akan bapak gubernur sangat memperhatikan masyarakat kita,” jelasnya.
Talang Ojan-Talang Baru Mulus
Untuk proyek jalan Talang Ojan-Talang Baru sendiri mendapat alokasi sebesar Rp 5 Milyar. Meskipun jalan tersebut hanya mendapat anggaran Rp 5 Milyar, Heri menjamin di tahun 2014 mendatang jalan tersebut bakal mulus.

“Dana 5 Milyar memang kurang, untuk itu akan kita tambah dari APBD kabupaten Rp 20 Milyar lagi. Sehingga jalan tersebut bakal mulus,” terangnya.

Menurut Heri, jalan tersebut merupakan prioritas utama karena menjadi penghubung empat kecamatan dari lima kecamatan di Kabupaten PALI. Dengan mulusnya jalan tersebut akan membantu percepatan perekonomian di keempat kecamatan.

“Bayangkan kalau jalan itu sudah mulus, jarak tempuh Talang Ojan – Talang Baru cukup 10 menit saja. Dengan begitu, masyarakat Kecamatan Penukal dan Penukal Utara bisa dengan mudah berbelanja ke Talang Ubi. Artinya pula pertumbuhan ekonomi di Talang Ubi bakal meningkat pesat dan menjadi pusat perekonomian PALI,” papar Heri gamblang.

Seperti diketahui, jalan Talang Ojan – Talang Baru saat ini kondisinya rusak. Sedikitnya lima titik dengan kerusakan parah. Meskipun hanya 18km namun saat musim penghujan seperti ini, jalan tersebut tidak bisa dilalui.

Heri optimis, mulai 2014 ini seluruh jalan yang selama ini tidak bisa dilalui akan bisa dilalui dengan mulus. “Percayalah, mulai tahun depan tidak ada lagi jalan yang tidak bisa dilalui. Jalan-jalan yang selama ini tidak bisa dilalui akan kita perbaiki semua” ungkapnya penuh optimis.

Teks/Foto : Indra Setia Haris





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster