Dinkes Pantau Makanan dan Minuman Dipasaran

 284 total views,  2 views today

14-Harga-Makanan-Dan-Minuman

Ilustrasi Makanan dan Minuman Di Swalayan | Google Image

PALI | KS –Guna memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang beredar di pasaran, mulai tahun 2014 Dinas Kesehatan Kabupaten PALI akan secara rutin melakukan pemeriksaan.

“Nanti secara rutin kita akan periksa seluruh makanan dan minuman yang ada di pasaran” jelas Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes),  Kabupaten PALI.dr Hj Eni Zatila MKM.

Menurutnya, pemeriksaan ini akan meliputi seluruh rumah makan, warung bakso, jajanan yang ada disekolah, aneka makanan yang dijual di warung, air minum isi ulang dan aneka produk makanan dan minuman lainnya.

“Pemeriksaan ini ditujukan, agar makanan dan minuman yang akan dibeli oleh masyarakat adalah makanan yang aman dan bebas dari zat-zat yang berbahaya,” tuturnya.
Untuk itu, sambung Eni, mulai tahun depan Dinas Kesehatan telah menganggarkan pembelian alat pengambil sampel makanan dan minuman. “Butuh alat khusus, karena pemeriksaannya dilakukan di BPOM Palembang. Kita disini cuma pengumpulan sampelnya saja,” terang Eni dikantornya, Senin (16/12).

Eni menjamin, pelaksanaan pemeriksaan ini nantinya bukan untuk menghambat usaha masyarakat yang ada di Kabupaten PALI. Pemeriksaan yang rencananya akan dilaksanakan secara rutin ini semata-mata untuk melindungi masyarakat.

“Nanti akan ketahuan, kalau ada pengusaha yang nakal. Seperti mencampur bahan-bahan berbahaya kedalam makanan atau minuman yang dijualnya,” ungkap Eni.

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster