Caleg Banyak tak Dikenal Masyarakat

 306 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG, KS-Walau pun berbagai atribut kampanye milik calon anggota legislatif (caleg), seperti spanduk, baleho dan lainnya sudah terpasang dan tersebar hampir di semua sudut kota. Ternyata banyak masyarakat di Palembang mengaku, tidak mengenal siapa calon wakil mereka mendatang.

Pasalnya, mereka mengaku belum pernah bertemu secara langsung dengan calon-calon wakil mereka tersebut. Hal ini diungkapkan Mardiah (42). Warga Jalan KH Azhari, Lr Lakitan No 385 Rt 8, Kelurahan 7 Ulu Palembang ini misalnya. Ia mengaku, tidak mengenal satu pun caleg yang bakal bertarung di Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), April 2014 mendatang.  “Belum pernah ada yang kampanye, jadi belum tahu nama-nama caleg nya,” ungkap pedagang empek-empek ini ketika dibincangi, Senin (16/12)  di kawasan Pasar 16 Ilir.

Mardiah menyebut, sampai saat ini belum punya pilihan. Namun kata Mardiah, saat pemungutan suara mendatang, ia akan mencoblos calon yang sering dilihatnya di spanduk, baleho dan atribut kampanye lainnya walau pun ia tidak kenal.

Tetapi Mardiah pesimis, caleg yang ada saat ini bisa membawa perubahan di Palembang maupun Sumsel. Alasanya sebut Mardiah, biasanya caleg yang ada hanya bisa mengumbar janji namun tidak pernah ada terealisasi. “Buktinya, kami masyarakat kecil masih seperti ini tanpa perubahan,” ungkapnya.

Sementara Bahrul Ilmi (25), salah satu guru di Madrasyah Tsanawiyah (MTs) Annur mengaku, ia juga belum mengenal dengan calon wakilnya mendatang. “Saya baru tahu, dari baleho, dan di televisi,” ujarnya.

Namun Bahrul mengaku, sudah punya pilihan untuk dipilihnya sebagai calon wakilnya di DPRD Kota Palembang pada Pileg 2014 mendatang.  “Calon itu, sudah membangun jalan di kampung kami. Kalau saya memilih dari hati nurani, yang kira-kira yang bisa merakyat. Saya pernah menerima money politic, tetapi saya tetap dengan pilihan, “ ungkapnya.

Biasanya sambung Bahrul, mendekati pemilihan banyak caleg yang cari perhatian dengan rakyat. Tetapi saat terpilih, biasanya mereka jauh dari rakyat. “Harapan saya, siapa pun yang terpilih bisa menepati janjinya dan semakin merakyat,” ujarnya.

Ia berharap  caleg yang terpilih, bisa memperhatikan persoalan pendidikan mulai dari kesejahteraan guru dan fasilitas sekolah. “Jangan hanya sekolah negeri, tetapi juga sekolah swasta diperhatikan,” harapnya.

Sementara itu, Reza Aprianti, dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah, Palembang menilai bentuk komunikasi yang dilakukan oleh caleg, tidak tepat.

Menurut Reza, caleg yang ada saat ini masih mengandalkan pola-pola tradisional seperti memasang spanduk, dan baleho. “Akibatnya, masyarakat hanya mengenal calonnnya dari spanduk dan baleho tersebut,” ujarnya.

Reza menerangkan, tidak ada perubahan yang dilakukan oleh caleg dalam melakukan pola kampanye. Menurutnya pola kampanye caleg saat ini, sama seperti pemilu-pemilu sebelumnya. Mereka tegas Reza, masih mengandalkan janji kepada masyarakat. “Kalau dibilang efektif, iya. Namun saya tidak terlalu respon, dengan pemberi janji tersebut,” ungkapnya.

Reza juga menghimbau, kepada masyarakat untuk tetap menggunakan hak pilihnya. Walau pun menurutnya, caleg yang ada saat ini tidak banyak berubah seperti sebelumnya. “Gunakanlah hak suara, jangan sampai tidak memilih,” himbaunya.

Terpisah, A’la (22), mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Raden Fatah, Palembang mengaku tidak menggunakan hak suaranya atau golongan putih (golput). Alasannya, ia kecewa dengan banyaknya anggota dewan yang selama ini kinerjanya tidak memuaskan masyarakat.

Selain itu, kredibilitas caleg yang ada juga diragukannya. “Misalnya baru-baru ini, ada caleg dari PPP yang menjadi otak perampokan di daerah Jawa, untuk membiayai kampanyenya Ini menunjukkan banyak caleg, yang tidak beres. Saya kira, bukan hanya saya yang akan golput. Banyak masyarakat juga akan golput,” tukasnya.

 

TEKS              : HAMIDAH/MG

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster