Puluhan Ibu Pelajari Mengolah Masakan Jamur Tiram

 94 total views,  3 views today

Beberapa ibu saat mempraktekkan pengolahan jamur tiram menjadi masakan

Beberapa ibu saat mempraktekkan pengolahan jamur tiram menjadi masakan

PALI | KS –JAMUR tiram adalah salah satu jamur yang mudah dalam pembudidayaannya dan mempunyai banyak khasiat. Diantaranya, menurunkan kolesterol darah, menyembuhkan hipertensi, mencegah penyakit diabetes, mempercepat pengeringan luka pada permukaan tubuh, menambah vitalitas dan daya tahan tubuh.

Hebatnya lagi, khasiat jamur tiram yang paling terkenal adalah dapat menghambat dan mencegah pertumbuhan kanker, kelenjar gondok, influenza, sekaligus memperlancar buang air besar. Bahkan dapat terhindar dari serangan stroke.

Selain itu jamur tiram mempunyai pasar yang potensial, permintaannya selalu meningkat setiap tahun namun produsennya tidak banyak.

Demikian dijelaskan Castin, dari kelompok Fatin Jamur Tulung Agung Jawa Timur, saat memaparkan materi manfaat jamur tiram, dalam kegiatan Pelatihan Pengolahan Jamur Tiram, Yang digelar PT Pertamina EP field Pendopo di Arsendora, kemarin (14/12).

Selain memberikan materi manfaat dan khasiat dari olahan jamur tiram, kelompok Fatin Jamur Tulung Agung tersebut juga mengajak peserta yang hadir melakukan praktek langsung cara pengolahan (masakan -red), jamur tiram.

“Sebenarnya, banyak olahan yang bisa kita buat dari jamur tiram ini. Namun disini kami hanya memberikan enam resep. Yakni nugget, sosis, drum stik, sate, keripik dan abon. Semuanya berbahan baku jamur tiram,” jelas Castin, didampingi Ibu Asri yang juga dati Tulung Agung.

Kegiatan pelatihan pengolahan jamur tiram CSR-Pertamina EP field Pendopo ini kerjasama dengan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten PALI, dalam hal ini THL-TB PP. Itu dibuka Pjs Field Manager (FM) Pendopo, Roesmanto.

Roesmanto mengatakan, pelatihan pengolahan hasil budidaya jamur ini merupakan lanjutan dari program CSR budidaya jamur yang telah dilaksanakan pada tahun 2011 lalu di Talang Ubi Selatan.

“Kami mengevaluasi kemajuan budidaya jamur yang baik, sehingga perlu peningkatan ke arah produksi hasil jamur. Sehingga tidak hanya dapat menjual jamur mentah saja, melainkan produk olahannya juga. Untuk itulah pelatihan ini diadakan,” ujarnya.

PT Pertamina, lanjutnya, selalu berusaha untuk dapat membaur di tengah-tengah masyarakat melalui program-program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR). Untuk itulah, pihaknya selalu berusaha merealisasikan program-program sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kemampuan Pertamina sendiri sebagai perusahaan yang bergerak demi kemajuan Negeri ini melalui sektor Migas.

“Dengan adanya bantuan ini, diharapkan menjadi salah satu motivasi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan serta dapat menjadi tali silaturahmi antara masyarakat dan perusahaan. Kami juga mengharapkan kerjasama dari masyarakat untuk turut mendukung operasional perusahaan dan turut menjaga aset perusahaan,” tandasnya.

Hadir juga dalam kegiatan pelatihan tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan PALI, Romli Hofiah, Assistant Manager Legal & Relation Pertamina Pendopo, M Haryono, ibu-ibu PKK Kecamatan Talang Ubi, Ibu-ibu kelompok Rumah Hijau Desa Benuang, kelompok tani Podomoro Talang Ubi Selatan, Kelompok Tani Sedayu Maju Talang ubi Selatan, dan undangan lainnya.

Teks / Foto : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com