Optimalisasi Pekarangan Dengan Budidaya lele

 220 total views,  2 views today

Ketua PWP Ir Wirda Wizati Eka Riza saat meninjau salah satu kebun pekarangan warga

Ketua PWP Ir Wirda Wizati Eka Riza saat meninjau salah satu kebun pekarangan warga

PALI | KS –Dinas Pertanian dan Kehutanan, Kabupaten PALI saat ini tengah gencar memberdayakan rumah tangga untuk meningkatkan produktifitas pertanian.

Langkah produktif distanhut, ternyata sejalan dengan program Pertamina EP Pendopo Field. Terbukti, Pertamina EP memiliki beberapa mitra binaan, salah satunya Kelompok Bunga Rampai, di Dusun IV, Talang Kampai, Desa Benuang, Kecamatan Talang Ubi.

Kelompok tersebut berhasil mengembangkan program optimalisasi pekarangan rumah.

Beberapa waktu lalu anggota kelompok ini mendapat bantuan bibit untuk ditanam di pekarangan rumahnya. Ternyata program tersebut dianggap berhasil. Anggota kelompok sudah beberapa kali melakukan panen terhadap tanaman dipekarangannya. Tanaman yang sudah berhasil itu adalah tanaman hortikultura seperti terong, cabe, tomat dan lain-lain.

Keberhasilan kelompok ini dalam menambah penghasilan keluarga, mendapat respon positif dari PT Pertamina EP dan Distanhut PALI.

Pada Jumat (13/12) kemarin, PT Pertamina kembali memberikan bantuan bibit tanaman kepada kelompok ini.  “Kita kembali membantu kelompok ini dengan harapan dapat lebih memacu warga untuk lebih giat memanfaatkan pekaran rumah agar lebih produktif lagi dan dapat ditularkan kepada warga lainnya” kata Markus Haryono, Asmen Legal and Relation PT Pertamina EP Pendopo Field.

Bukan itu, sambungnya, kelompok tersebut juga kembali dibantu benih lele. Bantuan benih lele ini sebagai percontohan untuk pengembangan budi daya lele dengan teknik kolam terpal. “Diharapkan dengan dibantu benih lele ini akan menginspirasi warga lainnya untuk mengembangkan budidaya kolam terpal ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Distanhut, Romli Hofiah dalam sambutannya mengharapkan warga dapat mandiri dalam memperoleh sayuran untuk kebutuhan rumah tangganya.

“Dengan adanya optimalisasi pekarangan ini, harapan kami warga pedesaan tidak lagi membeli sayuran ke pasar atau kota. Tapi sebaliknya, kita yang menjual sayur ke kota,” harap Romli.

Ketua Persatuan Wanita Pertamina (PWP), Ir Wirda Wizati Ekariza secara simbolis menebarkan benih lele ke salah satu kolam terpal milik warga. Wirda yang juga sarjana pertanian itu juga meninjau beberapa pekarangan warga yang sudah dioptimalisasi menjadi kebun sayuran.

Wirda, di dampingi Ketua PKK Kecamatan Talang Ubi, Nur Iflah Darmawi SPd juga meninjau budidaya jamur tiram milik warga setempat yang juga mitra binaan petamina.

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster