Harga Bibit Karet Anjlok

 283 total views,  2 views today

Bibit Karet

Bibit Karet

BANYUASIN | KS-Harga bibit karet jenis okulasi dalam beberapa pekan terakhir mengalami penurunan dari harga Rp 5-8 ribu menjadi Rp 2-3ribu perbatang.

“Sejak beberapa pekan ini harga jual bibit karet turun tajam. Penurunan harga ini membuat keuntungan pembibit menjadi berkurang,” kata seorang pembibit karet Pajri (32) Jalan Pusri Indah Pulau Harapan Kabupaten Banyuasin kemarin (15/12).

Turunnya harga bibit karet di daerah tersebut katanya, karena minimnya pembeli sehingga para petani di daerah tersebut terpaksa gigit jari. Musim hujan juga diyakini menjadi penyebab minimnya pembeli “Jalan menuju tempat penyemaian bibit masih jalan tanah, sehingga becek dan sulit dilalui kendaraan,”ungkapnya.

Menurutnya, penurunan harga tersebut juga mengakibatkan pendapatan mereka berkurang, mengingat usaha itu baru bisa menghasilkan setiap enam sampai dengan tujuh bulan sekali. Proses penyemaian biji hingga tumbuh setinggi 60 centimeter memakan waktu sekitar empat hingga lima bulan.

Petani karet lainnya Kantong (35) mengatakan, lahan yang akan ditanami bibit karet sedang kosong. “Lahan untuk menanam bibit karet menjadi pohon karet yang siap disadap sedang kosong, biasanya pembeli berdatangan dari luar daerah seperti dari Sungai Lilin,” jelas Kantong (35).

 

Teks : shindi rahayu/MG

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster