Program Rumah Murah Dilanjutkan

 218 total views,  2 views today

Kondisi-rumah-murah-di-Jalan-Yusuf-Singadikane-Kelurahan-Keramasan-Kecamatan-Kertapati-Palembang

Kondisi rumah murah di Jalan Yusuf Singadikane Kelurahan Keramasan Kecamatan Kertapati Palembang. / Foto : Ist

PALEMBANG, KS – Program pembangunan rumah murah Tipe 21, yang sempat dibangun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) di Jalan Yusuf Singadekane, Kelurahan Keramasan, Kecamatan Kertapati, bakal kembali dilanjutkan.

Kepastian itu disampaikan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, kemarin. Ia menyebut, program rumah murah itu akan dilanjutkan dalam waktu dekat. Sebab kata Alex, banyak masyarakat yang sejak terbengkalainya proyek tersebut bertanya-tanya tentang tindaklanjut pembangunannya.

“Jadi dalam satu bulan kedepan, diharapkan sudah ada minimal 100 unit rumah yang sudah berdiri dan siap dihuni oleh warga. Permasalahan lahan sudah clear semua, karena itu adalah tanah milik Pemprov Sumsel. Silahkan warga yang ingin menempati rumah tersebut, dengan memberikan persyaratan yang sudah disesuaikan,” ungkap Alex.

Sementara itu Ketua Real Estate Indonesia (REI) Sumsel, Oka Murod mengatakan, REI akan mendukung program rumah murah tersebut. Apalagi sambungnya, gubernur sudah meminta agar REI untuk membantu membangun rumah murah tipe 21, yang diperuntukkan bagi pekerja sektor non formal tersebut.  “Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas PU Cipta Karya Sumsel, sementara untuk kredit kepemilikan rumah (KPR), Bank SumselBabel sudah bersedia melakukannya,” sebutnya.

“Dalam dua minggu ke depan, segera kita evaluasi dan kita mulai lagi pembangunan rumahnya. Karena, kita mungkin membongkar bangunan yang lama yang dulunya terbengkalai, kemudian membangun yang baru lagi,” ujarnya.

Menurutnya, sesuai permintaan awal gubernur, pada Januari nanti bangunan harus sudah ada minimal 100 unit, agar ada kemajuan guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Mengenai pendanaannya, ia mengatakan dibantu dengan kredit konstruksi membangun, namun nanti kembaliannya dari KPR seperti membangun rumah umum.

“Lagipula ini dijamin oleh gubernur soal kepastiannya.  Karena gubernur sudah menyediakan lahan dan secara teknis memasukkan dana seperti APBD, APBN seperti untuk jalan. Jadi, ini benar-benar kita jalankan, apalagi ini untuk kepentingan masyarakat banyak,” tuturnya.

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster