2014, E-KTP Dicetak di Daerah

 214 total views,  2 views today

Operator E-KTP

Operator E-KTP

PALEMBANG, KS – Masyarakat yang ingin mendapatkan kartu tanda penduduk elektroik (e-KTP), tidak akan kesulitan lagi. Karena mulai 1 Januari 2014, pencetakan e-KTP akan dikembalikan kabupaten/kota. Sehingga keterlambatan cetak dan penyaluran e-KTP, dapat diminimalisasi.

“Dengan pencetakan e-KTP di daerah, otomatis prosesnya akan lebih cepat. Namun masih akan dipelajari dulu berapa lama bisa sampai tercetak, yang pasti akan lebih cepat,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Palembang, Ali Subri belum lama ini.

Menurut Ali, rencana pelimpahan pencetakan e-KTP ini telah dua kali tarik ulur. Namun pihaknya memastikan mulai 1 Januari mendatang, hal itu akan terealisasi. Disdukcapil Kota Palembang tegasnya, sudah siap menerima tanggung jawab pelimpahan itu.

“Disdukcapil telah cukup siap dari sisi sumber daya manusia (SDM), seperti tenaga IT. Sedangkan untuk keperluan pencetakan ini, nantinya pusat akan menghibahkan sejumlah perangkat peralatan,” jelasnya.

Ali menyebutkan, tidak ada perubahan dalam tahapan proses pembuatan e-KTP. Masyarakat yang ingin merekam data, dapat mendatangi ke kecamatan masing-masing. “Kemudian setelah semua terekam dan di input, maka proses pencetakan diberikan kepada Disdukcapil,”terangnya.

Ali mengatakan, berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri), disebutkan untuk proses pembuatan e-KTP, kartu keluarga (KK), dan akte kelahiran tidak dipungut retribusi. “Tapi, walaupun sudah ada undang-undangnya, kami belum bisa berpendapat, apakah benar akan digratiskan. Karena hal ini harus ada perubahan pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Retribusi Biaya Cetak,” bebernya.

Ali menambahkan, hingga saat ini jumlah masyarakat Palembang yang belum merekam data e-KTP, sebanyak 15 persen dari wajib e-KTP di Palembang yang berjumlah 1,6 juta jiwa. “Sementara e-KTP yang belum tersalur, sebanyak 20 ribu lembar, dan yang telah tersalur mencapai 84,59 persen,” tukasnya.

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster